Ratusan Rumah di Lebak Terdampak Banjir dan Longsor

Banjir tersebut dilaporkan telah surut

Lebak, IDN Times - Sedikitnya 206 rumah di Kabupaten Lebak terdampak banjir, dan belasan lainnya terdampak longsor yang melanda sejumlah wilayah tersebut, pada Senin (15/4/2024). Bencana ini dilaporkan terjadi di sejumlah desa pada empat kecamatan di Lebak.

1. Rumah ibadah dan fasilitas warga terdampak banjir

Ratusan Rumah di Lebak Terdampak Banjir dan LongsorIlustrasi banjir (ANTARA FOTO)

Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, selain rumah, bangunan rumah ibadah dan pondok pesantren juga terdampak dalam peristiwa tersebut.

“Di Desa Sukamarga, Desa Margaluyu dan Desa Maraya Kecamatan Sajira tercatat 96 rumah terendam, dan rusak sedang, serta masjid terdampak longsoran tebing Sungai Cilaki yang kondisinya meluap,” kata Febby.

2. Ada juga laporan pohon tumbang

Ratusan Rumah di Lebak Terdampak Banjir dan LongsorIlustrasi pemangkasan pohon (Dok.IDN Times/Istimewa)

Febby mengatakan, banjir juga melanda 72 rumah di Kampung Cipeundey RT 01 dan RT 02 RW 08, Kelurahan Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung yang dipicu luapan Sungai Ciujung.

“Banjir juga merendam 43 rumah di Kampung Batubeulah, Desa Kalanganyar, Kecamatan Kalanganyar, serta hujan deras yang dibarengi dengan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di wilayah Cimarga,” kata Febby.

3. Banjir dilaporkan mulai surut

Ratusan Rumah di Lebak Terdampak Banjir dan LongsorIlustrasi banjir (IDN Times/Esti Suryani)

Febby menyebut, menjelang siang, banjir di titik-titik tersebut dilaporkan mulai surut. Warga yang terdampak sudah mulai membersihkan rumah baik yang terdampak banjir maupun longsor.

“Sejauh dari hasil pendataan di titik-titik tersebut, tidak ada warga yang mengungsi,” kata Febby.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya