Ratusan Rumah di Perbatasan Lebak-Sukabumi Terdampak Banjir

Ada 14 desa yang terdampak saat banjir ini

Lebak, IDN Times - Sedikitnya, 210 rumah di Kabupaten Lebak terdampak banjir yang terjadi kemarin akibat luapan sungai pada Minggu sore (9/10/2022). Angka ini merupakan data yang diperbarui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak atas dampak bencana alam banjir hingga pukul 06.00 WIB.

"Telah terjadi hujan deras yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Lebak selama kurang lebih 4 jam menyebabkan meluapnya air Sungai Cibareno, Sungai Cisiih, Sungai Cimandur, Sungai Cicantra, Sungai Peucang Pari dan Sungai Cibadak di 5 kecamatan," demikian keterangan BPBD, Senin (10/10/2022).

Sebagaimana diketahui, wilayah-wilayah tersebut merupakan daerah perbatasan Lebak, Banten dan Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Pasca Banjir di Kabupaten Lebak, Empat Jembatan Gantung Putus  

1. Ada 14 desa yang terdampak

Ratusan Rumah di Perbatasan Lebak-Sukabumi Terdampak BanjirBanjir bandang di Lebak pafa awal 2020 lalu (IDN Times/Khaerul Anwar)

Total ada 14 desa di lima kecamatan yang terdampak, seperti wilayah Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng, dan Cigemblong. BPBD juga mencatat adanya kerusakan pada infrastruktur.

"Dua jembatan gantung, dua jembatan penghubung desa, empat majelis taklim, satu masjid, dan satu musala. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa," tambahnya.

2. Masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali

Ratusan Rumah di Perbatasan Lebak-Sukabumi Terdampak BanjirIlustrasi foto dampak banjir. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

BPBD menyebut kondisi terkini di lapangan bahwa banjir di lima kecamatan sudah surut. Masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali dan membersihkan sisa banjir.

"Kondisi terkini di lapangan, sungai penyebab banjir sudah mulai surut, banjir di pemukiman sudah surut. Masyarakat dibantu petugas melakukan pembersihan," demikian BPBD. 

3. Banjir Lebak 4 jembatan terputus

Ratusan Rumah di Perbatasan Lebak-Sukabumi Terdampak BanjirIDN Times/Muhamad Iqbal

Setelah banjir menerjang empat kecamatan di Kabupaten Lebak, pada Minggu malam (9/10/2022), empat jembatan di Kecamatan Cilograng dan Bayah rusak hingga putus. Akibatnya, sejumlah desa terisolir.

"Jembatan gantung yang putus, yang menghubungkan Cilograng dan Cisolok Sukabumi, jembatan Cibareno, dan di Bayah menghubungkan desa Cisuren-Pasir Gombong dan satu lagi di Desa Mancak," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama, Senin (10/10/2022) pagi.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Berpusat di Bayah, Guncang Tangerang dan Lebak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya