Realisasi Anggaran DSDABMBK Tangsel Sudah Terserap 80 Persen

Capaian tak akan 100 persen karena beberapa alasan

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengklaim realisasi pekerjaan fisik dan anggaran dinas telah terserap hingga 80 persen. Pihaknya mengira realisasi anggaran DSDABMBK hingga akhir tahun 2022 di atas 90 persen. 

“Serapan anggaran DSDABMBK, sejauh ini fisik sudah 80 persen dan keuangan sudah 70 persen,” kata Kepala DSDABMBK Kota Tangerang Selatan, Robbi Cahyadi, Selasa (13/12/2022).

1. Pagu anggaran DSDABMBK capai Rp540 miliar

Realisasi Anggaran DSDABMBK Tangsel Sudah Terserap 80 Persenilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dia menegaskan, dari pagu anggaran sebesar Rp540 miliar, seluruh lelang proyek berjalan lancar dan tidak terjadi gagal lelang pekerjaan. “Kita target pekerjaan-pekerjaan, gak ada gagal lelang dan semua selesai konstruksi,” kata Robbi.

Meski enggan merinci secara detail jumlah kegiatan dan paket pekerjaan yang dikerjakan di tahun 2022 ini, Robbi, memastikan pekerjaan-pekerjaan fisik tersebut dapat terealisasi hingga 90 persen. 

“Paket besar Rp150 miliar, kemudian pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya lingkungan. Pekerjaan jalan lingkungan dan drainase lingkungan itu ada Rp270 miliar. Insa allah serapan di atas 90 persen,” terang dia. 

2. Capaian tak akan 100 persen

Realisasi Anggaran DSDABMBK Tangsel Sudah Terserap 80 PersenTwitter.com/BNPB_Indonesia

Robbi memperkirakan capaian serapan anggaran tidak 100 persen di tahun 2022 ini, karena gagal bayar untuk bidang-bidang lahan yang telah dianggarkan untuk dibebaskan terkait pelaksanaan peningkatan jalan seperti di Rawa Buntu, Kecamatan Serpong dan jalan Bhayangkara, Kecamatan Serpong Utara.

“Mungkin ada sisa-sisa lelang. Kalaupun ada lahan, lahan yang ada penolakan warga mungkin tidak bisa dibayar. Penolakan dan alas hak kepemilikan lahan di Jalan Bhayangkan dan Rawa Buntu, Insa allah terbayar,” pungkas Robbi. 

3. Ingin atasi banjir, Pemkot Tangsel kejar target kepemilikan RTH 20 persen

Realisasi Anggaran DSDABMBK Tangsel Sudah Terserap 80 PersenIlustrasi RTH (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Robbi Cahyadi juga menyebut, Pemkot menarget luasan lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tangsel mencapai 20 persen. Saat ini, Pemkot Tangsel baru memiliki 7,3 persen RTH.

Hal tersebut termaktub dalam Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kota Tangsel yang bakal segera terbit. Selain itu, kata Robbi pemanfaatan RTH juga akan dioptimalisasi untuk penanganan banjir.

"Penanganan banjir, sebagai contoh pertama untuk RTH, sementara kan saat ini masih di 7,3 persen. Nah dalam 20 tahun ke depan ini harus tercapai, kewajiban untuk RTH sebesar 20 persen. Nah itu di akhir RDTR itu harus tercapai," kata Robbi, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Tangani Banjir, Pemkot Tangsel Targetkan Miliki 20 Persen RTH

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya