RSUD Tangerang Kini Miliki Layanan Jantung Perinatologi NICU

Layanan ini diresmikan langsung Bupati Tangerang

Tangerang, IDN Times - RSUD Kabupaten Tangerang kini memliki Pelayanan Jantung Terpadu dan Perinatologi/Neonatus Intensive Care Unit (NICU)  dan mulai beroperasi pada Selasa (29/8/2023). Layanan ini menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas akses dan pelayanan kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi usaha RSUD Tangerang dalam melakukan berbagai macam terobosan dan layanan.

"Walaupun memang volumenya masih jauh dari ideal, tetapi ini merupakan langkah nyata, maka dari itu rumah sakit lain di wilayah Kabupaten Tangerang, setiap tahun akan ditingkatkan layanannya," kata Zaki Iskandar saat meresmikan gedung dan Pelayanan Jantung Terpadu dan Perinatologi NICU.

Baca Juga: RSUD Kota Tangerang Buka Layanan Medical Check Up untuk Caleg

1. Layanan ini untuk memenuhi pelayanan masyarakat

RSUD Tangerang Kini Miliki Layanan Jantung Perinatologi NICURSUD Kabupaten Tangerang ( Antaranews/Azmi Samsul Maarif)

Menurut Zaki, penambahan fasilitas RSUD Kabupaten Tangerang ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan. Selain itu, ini juga menjadi tolok ukur pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tangerang.

"Saya sangat menyambut baik diresmikannya Gedung Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) dan Gedung Pelayanan Perinatologi/NICU ini. Semoga keberadaan unit layanan Kesehatan ini, dapat menjadi salah satu pendorong tolak ukur pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tangerang," kata dia.

2. Kemenkes minta pelayanan juga ditingkatkan

RSUD Tangerang Kini Miliki Layanan Jantung Perinatologi NICURSUD Kabupaten Tangerang (Antaranews)

Sementara itu, Direktur Pelayanan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yuli Astuti berpesan agar penambahan fasilitas dan sarana di RSUD Kabupaten Tangerang dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan.

"Kita juga bahagia dan senang, dalam artian kalau NICU itu waktu rawat inapnya sangat lama sekali dan perlu cost besar, RSUD Tangerang telah berkomitmen untuk melakukan terobosan dan inovasi, memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat," ungkap Yuli.

Menurut dia, langkah dan terobosan RSUD Kabupaten Tangerang merupakan prestasi karena mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih multispesifik. RSUD mampu menangani kasus dengan kompleksitas tinggi secara terintegrasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

3. RSUD Tangerang ditunjuk menjadi rujukan penanganan kardiovaskuler

RSUD Tangerang Kini Miliki Layanan Jantung Perinatologi NICUANTARA FOTO/Fauzan

Dirut RSUD Tangerang Reniati mengungkap, kini masyarakat Tangerang tidak perlu dirujuk ke RS besar untuk penanganan kardiovaskuler. Masyarakat bisa datang ke RSUD Tangerang. 

"Dengan adanya pelayanan ini jadi masyarakat tidak perlu dirujuk ke RSCM atau Harapan Kita," kata dia. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya