Sejumlah Petugas KPPS di Tangsel Derita Penyakit Berisiko Tinggi

Mereka dapat pemantauan khusus

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, sejumlah petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) terdeteksi menderita penyakit yang berisiko tinggi.

Temuan itu merupakan hasil pemeriksaan Puskesmas terhadap kondisi kesehatan ribuan panitia Pemilu serentak 2024. "Sudah kami data," kata Allin, Senin (12/2/2023).

Baca Juga: Al Muktabar Datang Telat, Pembagian Bansos di Tangsel Sempat Ricuh

1. Jumlahnya 5 persen dari 11 ribu orang

Sejumlah Petugas KPPS di Tangsel Derita Penyakit Berisiko TinggiIlustrasi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Allin merinci, dari 11 ribuan lebih KPPS yang diperiksa puskesmas, lima persen di antaranya menderita kolestrol tinggi. Kemudian punya riwayat penyakit hipertensi sekitar tiga persen, dan diabetes satu persen.

Allin mengklaim, pihaknya memetakan para KPPS yang punya riwayat penyakit berisiko tinggi,  termasuk titik lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dari KPPS tersebut bertugas.

"Sampai saat ini kami pantau terus untuk pengobatannya," kata dia.

2. Sejumlah tenaga medis disiagakan

Sejumlah Petugas KPPS di Tangsel Derita Penyakit Berisiko TinggiIlustrasi perawat di fasilitas kesehatan (ANTARA FOTO/Auliya Rahman)

Untuk pemantauan di lapangan, Dinas menyiagakan tim 'Ngider Sehat' yang terdiri dari tenaga kesehatan selama pelaksanaan Pemilu 2024. Jumlah tim medis yang akan dikerahkan di hari H kurang lebih ada 1.231 orang.

Mereka bertugas memantau TPS di wilayah kerja puskesmas masing-masing, mulai 14 hingga 28 Februari 2024. Selain itu, Dinkes Tangsel juga menyiapkan tenaga kesehatan di setiap kecamatan.

"Ada dua shif sampai selesai. Tiap shif terdapat tiga petugas kesehatan. Kalau terkait pemeriksaan petugas KPU dan Bawaslu, kami agendakan kembali. H-1 mungkin nanti kami cek kembali untuk memastikan bahwa tim KPu dan Bawaslu sangat ready untuk tempur," ujar Allin.

3. Di Tangsel ada 3.824 TPS

Sejumlah Petugas KPPS di Tangsel Derita Penyakit Berisiko TinggiDok. Kota Tangerang

Diketahui, pada Pemilu 2024 di Kota Tangsel terdapat 3.824 TPS. Setiap TPS terdapat 7 orang KPPS. Maka total keseluruhan KPPS di Tangsel sebanyak 26.768 orang.

Baca Juga: Walkot Tangsel: Pengusaha, Kasih Waktu Luang Pekerja untuk Nyoblos ya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya