Semarak Kemerdekaan, RSUD Kota Tangerang Gelar Donor Darah

Ini terbuka untuk umum dan tersedia hadiah

Kota Tangerang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menyelenggarakan pelayanan donor darah secara terbuka untuk masyarakat umum Kota Tangerang. Program ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang OU Taty Damayanty menuturkan, pelayanan donor darah terbuka ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan di Kota Tangerang.

Baca Juga: Rekomendasi Warung Mie Aceh di Tangerang

1. Donor darah digelar pada Rabu 16 Agustus

Semarak Kemerdekaan, RSUD Kota Tangerang Gelar Donor DarahBPJS Kesehatan menggelar kegiatan Aksi Donor Darah bersama Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta. (Dok. BPJS Kesehatan)

Pelayanan donor darah terbuka ini akan dilakukan di Aula Lantai 4 RSUD Kota Tangerang, pukul 09.00-13.00 WIB pada Rabu, 16 Agustus mendatang.

“Pelayanan donor darah terbuka yang bisa diakses oleh siapapun, tanpa adanya batasan-batasan khusus yang ditentukan,” kata Taty, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Bulan Imunisasi, Dinkes Kota Tangerang Sasar Anak SD

2. Dapat tumbler gratis

Semarak Kemerdekaan, RSUD Kota Tangerang Gelar Donor DarahInforma Sultan Agung menggelar Donor Darah, Sabtu (17/6/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Taty mengatakan, pelayanan donor darah terbuka ini juga dilakukan sebagai langkah sosialisasi pentingnya aksi donor darah, sebagai bagian dari upaya membantu ketersediaan darah sehat yang siap diolah dan dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan di berbagai unit rumah sakit di Kota Tangerang.

"Oleh karenanya, RSUD Kota Tangerang akan memberikan tumbler gratis bagi peserta donor darah, sebagai bagian dari apresiasi atas partisipasi yang telah dilakukan," kata dia.

3. Donor darah miliki manfaat kesehatan loh

Semarak Kemerdekaan, RSUD Kota Tangerang Gelar Donor DarahIlustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selain itu, pelayanan donor darah ini juga mempunyai manfaat kesehatan secara langsung yang akan dirasakan para pendonor. Salah satunya, dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membantu tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bekerja lebih efisien.

“Pelayanan donor darah ini terbuka untuk siapapun, tinggal datang ke lokasi yang telah ditentukan, dan mari berpartisipasi bersama-sama," kata Taty.

Tidak hanya itu, imbuhnya, pelayanan donor darah ini juga menjadi bagian dari aksi solidaritas dan gotong royong di bidang kesehatan.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya