Semrawut! PKL Kali Sipon Ditertibkan, Lokasinya Diawasi 24 jam

Jalan di Kali Sipon Cipondoh Kota Tangerang ini sering macet

Kota Tangerang, IDN Times - Petugas Satpol PP bakal mengawasi lokasi pinggir Kali Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Sebelumnya, lokasi ini dipenuhi pedagang kakli lima yang dinilai bikin semrawut, kotor, dan sering bikin macet.

Pengawasan lanjutan ini dilakukan aparat kecamatan setelah petugas menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan itu. 

Baca Juga: Survei: Kota Tangerang Masuk 100 Kota Antibodi Tertinggi di Indonesia

1. Masyarakat mengeluhkan pedagang kaki lima di pinggir kali itu

Semrawut! PKL Kali Sipon Ditertibkan, Lokasinya Diawasi 24 jamIlustrasi pedagang kaki lima (PKL) di Solo. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Camat Cipondoh Rizal Ridolloh mengatakan, keberadaan PKL di Kali Sipon sangat dikeluhkan masyarakat. Terlebih, para PKL disebut membuang sampah ke Kali Sipon.

"Penertiban saja, enggak boleh dagang di pinggir kali. Sebab masyarakat sekitar sudah banyak yang mengeluh," ujar Rizal, Senin (9/5/2022).

2. Masih ada PKL yang bandel

Semrawut! PKL Kali Sipon Ditertibkan, Lokasinya Diawasi 24 jamIDN Times/Muhamad Iqbal

Sejak dilakukan penertiban, katanya, masih ada pedagang yang nekat berjualan. Namun, sejauh ini, petugas hanya memberikan teguran.

"Upaya pertama kita jagain 24 jam. Kita punya posko pantau. Kita punya spanduk-spanduk dilarang berjualan di sisi Kali Sipon sepanjang ada empat kelurahan, mulai dari Gondrong, Kenanga, Cipondoh, Poris Plawad," jelasnya.

Rizal menyebut, jika memang ada pedagang yang membandel berjualan di Kali Sipon, bisa saja ditindak tegas.

"Nanti kita coba (koordinasi) dengan Pol PP kota, distribusi kalau memang dia masih bandel dan sebagainya kita bongkar," katanya.

3. Pedagang dipersilakan jualan di dalam Pasar Sipon

Semrawut! PKL Kali Sipon Ditertibkan, Lokasinya Diawasi 24 jamIDN Times/Muhamad Iqbal

Rizal menambahkan, para pedagang sebenarnya bisa berjualan di dalam pasar. Sebab masih terdapat lapak yang kosong.

"Relokasinya ya silakan isi yang ada yang di sebrangnya (kios), di dalamnya masih banyak yang kosong itu ternyata," kata dia.

Baca Juga: Mulai Masuk Kerja, ASN Kota Tangerang Diminta Segera Tangani Banjir

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya