Sinar Mas: Banjir Tol Pondok Aren, Bukan di BSD City

Salah informasi itu dinilai bikin resah warga BSD

Tangerang Selatan, IDN Times - Pengelola jalan tol ruas Serpong-Balaraja (Serbaraja) yang dikelola anak usaha Sinarmas Land, PT Bumi Serbaraja, menyebut ruas tol yang baru dioperasikan pada Oktober 2022 itu, tidak pernah mengalami genangan dan banjir.

Seperti yamg diketahui, Tol Serbaraja berdekatan dengan properti di bawah Sinar Mas, yakni BSD City. Selama musim hujan, tol Serbaraja ini tidak pernah banjir. 

Adapun genangan dan banjir itu terjadi di titik lain, yakni ruas tol Pondok Aren-Serpong, tepatnya di KM08+00 yang dikelola anak usaha PT Margautama Nusantara (MUN) yakni, PT Bintaro Serpong Damai (BSD). 

"Sebetulnya BSD yang tol itu singkatan Bintaro Serpong Damai. Kalau BSD City sendiri Bumi Serpong Damai dan lebih dipublikasikan adalah properti. Banjir tol itu di KM 08+00 ruas tol Pondok Aren-Serpong," kata Managing Director President Office PT Sinarmas Land, Dony Martadisata, Selasa (13/12/2022).

1. Kabar banjir di tol itu bikin resah warga BSD City

Sinar Mas: Banjir Tol Pondok Aren, Bukan di BSD CityWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Dony menilai, dengan ramainya informasi yang tersebar di media sosial dan media massa, yang menyebutkan banjir di ruas tol BSD, membuat warga mempertanyakan kondisi ruas Tol Serbaraja, yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Oktober 2022 lalu. 

Sebab, ketika masyarakat melihat atau mendengar di media sosial dan media massa adanya banjir di ruas tol BSD, dianggap ruas tol Serbaraja kebanjiran dan tidak bisa dilalui. 

"Padahal faktanya tidak. Tol Serbaraja, tidak banjir selama hujan kemarin. Maka disepakati penyebutan ruas tol berdasarkan ruasnya, berdasarkan kesepakatan bersama dengan PT Margautama Nusantara sebagai badan usaha, Dirjen Bina Marga dan BPJT sepakat menyebutkan ruas tol. Misalnya Tol Serbaraja, tol Pondok Aren - Serpong, Serpong- Kunciran, Serpong-Cinere," kata dia.

2. Pengaruh ke penjualan tidak secara langsung

Sinar Mas: Banjir Tol Pondok Aren, Bukan di BSD CityIDN Times/Muhamad Iqbal

Meski terseret citra buruk penyebutan ruas tol BSD, Dony, menyatakan hal itu tidak berdampak pada penjualan properti yang sedang dikembangkan di sisi barat Tangerang. Hanya saja, hal itu membuat pengguna ruas tol Serbaraja, bertanya-tanya. 

"Kalau untuk penjualan tidak berpengaruh secara langsung, cuma isu itu yang akan membuat warga BSD menjadi bingung, engga ada kejadian di tol yang di lintasi tapi pemberitaannya menyebutkan BSD tol, kan warga tidak terlalu paham bahwa dimaksud KM 08+00 ruas Pondok Aren-Serpong. Dampaknya image saja, saham tidak pengaruh," kata Dony. 

3. Tol Serbaraja seksi 1B sudah 70 persen

Sinar Mas: Banjir Tol Pondok Aren, Bukan di BSD CityJalan Tol Serpong-Balaraja. (dok. Kementerian PUPR)

Dia menyebut, pembangunan ruas tol Serbaraja, seksi 1B ruas Serpong-Legok, baru mencapai 70 persen pekerjaan konstruksinya. Pihaknya menargetkan seksi 1B dapat dilintasi umum pada Juni 2023. 

"Saat ini masih proses konstruksi untuk ruas tol Serpong-Legok, untuk pembebasan lahan sudah 100 persen, tinggal konstruksi. Namun saat ini memang terkendala cuaca hujan. Target kami, ruas Serpong-Legok selesai Juni 2023," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksinasi Booster Kedua untuk Lansia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya