Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning 

Jumlah kasus positif aktif di Banten ada 261

Serang, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ati Pramudji menjelaskan kini wilayah Provinsi Banten telah masuki zona kuning dengan jumlah kumulatif kasus aktif sebanyak 261 kasus atau kasus per hari terletak pada kisaran 101 - 500 kasus.

Hingga saat ini dari data yang ada untuk zona hijau saat ini ada 15 provinsi. Zona kuning sebanyak 6 provinsi. Zona orange sebanyak 8 provinsi. Sedangkan zona merah sebanyak 5 provinsi.

Baca Juga: Tangsel Perpanjang PSBB Lagi, PSBL Dinilai Efektif Kurangi Zona Merah

1. Tangerang Raya sudah masuk zona kuning

Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning IDN Times/Candra Irawan

Berdasarkan laporan Gugus Tugas Banten, pada Selasa, 7 Juli 2020, wilayah Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, masuk ke dalam zona merah penyebaran COVID-19. Kemudian wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Cilegon, masuk ke zona orange. Namun pada Rabu 8 Juli 2020, semuanya menjadi zona kuning.

Sementara pada Selasa, 07 Juli 2020, pasien positif COVID-19 di zona merah Kabupaten Tangerang yang sembuh sebanyak 234 orang, dirawat berjumlah 32 dan meninggal sebanyak 14 orang. Selanjutnya di Kota Tangsel, pasien yang sembuh ada 258, dirawat 129 dan meninggal 34 orang.

Kemudian di Kota Tangerang, sembuh 395, dirawat 80 dan meninggal 35 orang. Terakhir Kabupaten Serang, yang sembuh sebanyak 47 orang, dirawat 15 orang dan meninggal hanya satu.

Kadinkes Banten itu juga membagikan data wilayah di Banten yang masuk ke dalam zona orange, yakni Kota Cilegon dengan pasien COVID-19 yang sembuh berjumlah 31 orang dan dirawat enam orang. Kemudian Kota Serang, pasien yang sembuh sebanyak 19 orang, dirawat tujuh dan meninggal dua.

Selanjutnya di Kabupaten Lebak, pasien sembuh sebanyak 14 orang, dirawat enam dan meninggal satu. Terakhir Kabupaten Pandeglang, pasien sembuh ada delapan orang, dirawat enam dan meninggal satu.

Saat memasuki zona kuning penyakit COVID-19 hari ini, Rabu 08 Juli 2020, Kabupaten Tangerang yang sembuh sebanyak 235 orang, dirawat berjumlah 37 dan meninggal sebanyak 14 orang. Selanjutnya di Kota Tangsel, pasien yang sembuh ada 284, dirawat 109 dan meninggal 34 orang.

Kemudian di Kota Tangerang, sembuh 401, dirawat 76 dan meninggal 35 orang. Terakhir Kabupaten Serang, yang sembuh sebanyak 48 orang, dirawat 14 orang dan meninggal hanya satu.

Adapun data wilayah di Banten yang masuk ke dalam zona orange, yakni Kota Cilegon dengan pasien COVID-19 yang sembuh berjumlah 31 orang dan dirawat enam orang. Kemudian Kota Serang, pasien yang sembuh sebanyak 19 orang, dirawat tujuh dan meninggal dua.

Selanjutnya di Kabupaten Lebak, pasien sembuh sebanyak 14 orang, dirawat enam dan meninggal satu. Terakhir Kabupaten Pandeglang, pasien sembuh ada delapan orang, dirawat enam dan meninggal satu.

Baca Juga: 9 Potret Suku Baduy di Tengah Pandemik COVID-19

2. Ini 15 indikator yang membuat Banten keluar dari zona merah

Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Ati mengatakan, bahwa terdapat 15 indikator yang menjadikan Banten dinyatakan zona kuning oleh Pemerintah pusat. Dalam dua minggu, Banten dinilai memiliki indikasi:

1. Penurunan jumlah kasus positif;

2. Penurunan jumlah kasus ODP dan PDP;

3. Penurunan jumlah meninggal dari kasus positif;

4. Penurunan jumlah meninggal dari kasus ODP dan PDP;

5. Penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di RS;

6. Penurunan jumlah kasus ODP dan PDP yang dirawat;

7. Kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif (di atas 75 persen);

8. Kenaikan jumlah selesai pemantauan & pengawasan dari ODP dan PDP;

9.Penurunan laju insidensi kasus positif per 100,000 penduduk;

10. Penurunan angka kematian per 100,000 penduduk;

11. Jumlah pemeriksaan spesimen meningkat;

12. Positivity Rate <5 persen (dari seluruh sampel yang diperiksa, proporsi positif hanya 5 persen);
13. Jumlah tempat tidur di ruang isolasi RS Rujukan mampu menampung s.d >20 persen jumlah pasien positif COVID-19;

14. Jumlah tempat tidur di RS Rujukan mampu menampung s.d >20 persen jumlah ODP, PDP, dan pasien positif COVID-19 dan yang terakhir

15. Rt - (Angka tingkat penularan aktif efektif <1) sebagai indikator pelengkap atau untuk triangulasi saja.

"Hasil penilaian Ke lima belas indikator ini yg memiliki total skor 2,7 yang menyebabkan Banten menjadi zona kuning," kata Ati.

3. Gubernur: ini hasil upaya semua pihak

Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut, semua ini upaya kerja keras seluruh pihak, baik tim kesehatan yang didukung Polri dan TNI serta berbagai unsur lainnya.

Namun demikian, Wahidin tetap mengingatkan agar masyarakat yang rentan tetap disarankan di rumah begitu juga dirinya tetap instruksikan Dinas Kesehatan untuk tetap melakukan penelusuran kontak agresif/masif pada kasus positif, ODP maupun PDP dengan Swab PCR.

"Saya ingin hingga ke titik nol, sampai titik yang aman hingga tidak ada lagi penularan", kata Wahidin.

Baca Juga: PSBB, Tangerang Raya Terapkan SIKM Bagi Pendatang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya