Tekan Inflasi di Tangerang, Bulog Mulai Edarkan Beras KPSH

Beras ini berkualitas medium dan harganya diklaim murah

Tangerang, IDN Times - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Tangerang mulai menyalurkan beras Ketersediaan Pasokan Stabilisasi Harga (KPSH). Penyaluran beras ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kekhawatiran tingginya angka inflasi Indonesia di daerah Tangerang.

Kepala Bulog Sub Divre Tangerang Nolly Desiyantimengungkapkan, berbagai upaya akan dilakukan Bulog Sub Divre Tangerang, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, dalam memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan dan stabilisasi harga-harga.

"Fungsi kita salah satunya, stabilisasi harga di tingkat produsen dan konsumen. Saat ini stabilsasi harga beras di tingkat konsumen kami telah menyalurkan beras KPSH," kata Kepala Bulog Subdivre Tangerang, Nolly Desiyanti, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Bulog Akan Gelar Bazar Sembako Murah se-Tangerang Raya

1. Beras KPSH diklaim berkualitas medium

Tekan Inflasi di Tangerang, Bulog Mulai Edarkan Beras KPSHIlustrasi gudang beras (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dia menerangkan, beras kualitas medium yang disebar Bulog ke masyarakat Tangerang, melalui pedagang-pedagang beras saat ini dijual tidak boleh melebihi harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp9.450 per kilogram (kg).

Sebab, pedagang yang mengambil beras Bulog untuk diedarkan itu, membeli di Bulog dengan harga Rp8.300 per kg.

"Beras medium kita jual 8.300, dari pedagang tidak boleh menjual lebih dari HET beras medium diatas 9.450 tapi rata-rata mereka jual diharga Rp9.000 per kilonya," kata dia.

2. Kemasan 5 kg, harga beras berkisar Rp40 ribuan

Tekan Inflasi di Tangerang, Bulog Mulai Edarkan Beras KPSHIlustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Sementara, penjualan beras medium Bulog, kata dia, biasanya diedarkan ke pedagang dengan kemasan per 5 kilogram yang dihargai Bulog senilai Rp41.500.

"Kalau pedagang, mereka jual 5 kilo itu Rp45 Ribu, kalau pengecer pasti diatas harga itu," ungkapnya.

3. Bulog akan gelar bazar sembako murah se-Tangerang Raya

Tekan Inflasi di Tangerang, Bulog Mulai Edarkan Beras KPSHStok lama barang kebutuhan pokok yang belum habis terjual, IDN Times/ Ricky Lodar

Sebelumnya, Bulog Tangerang, bersama Pemerintah Kabupaten, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, menggelar bazar pasar murah. Nantinya, pasar murah ini ada di titik-titik wilayah kecamatan di kota/kabupaten yang menjadi wilayah kerja Sub Divre Tangerang.

Rencananya, program ini akan efektiv digelar pada bulan Oktober mendatang di tiga wilayah tersebut.

"Kita juga bekerja sama dengan kabupaten kota di wilayah kerja kita, bersama Disperindag menggelar bazar pasar murah untuk mendekatkan komoditi ke masyarakat dan memberikan pelayanan bahan pokok yang di bawah harga pasar," kata Kepala Bulog Sub Divre Tangerang, Nolly Desiyanti, dikonfirmasi, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Pria Asal Tangerang Bakal Main Angklung di Puncak Himalaya  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya