Usai Lebaran, Pemkot Tangerang Minta Warga Tes Penyakit Tak Menular

Tes bisa dilakukan di faskes milik Pemkot Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Pasca libur panjang Lebaran tahun 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat Kota Tangerang melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di seluruh fasilitas kesehatan terdekat.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni menuturkan, skrining PTM ditujukan untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM.

Baca Juga: Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Puskesmas Ditambah

1. Ini untuk deteksi dini potensi penyakit

Usai Lebaran, Pemkot Tangerang Minta Warga Tes Penyakit Tak MenularIlustrasi psikolog (pexels.com/cottonbro studio)

Ada pun pemudik yang disarankan memeriksakan diri, terutama, perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktviitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi atau pun hiperkolesterol.

“Tak terkecuali, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut,” kata dia.

2. Dinkes minta warga yang habis mudik, menjaga kondisi kesehatan sebelum aktivitas

Usai Lebaran, Pemkot Tangerang Minta Warga Tes Penyakit Tak MenularIlustrasi pemudik jalur laut (ANTARA/Abdul fatah)

Dini mengatakan, mengimbau seluruh pemudik memastikan kondisi kesehatannya fit, sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. Sebab, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya, dengan kondisi tubuh yang lelah, tidak menutup kemungkinan munculnya penyakit-penyakit yang perlu ditangani dengan baik.

“Masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkung an yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan. Khususnya, penyakit-penyakit yang mungkin timbul pasca Lebaran ini,” kata dia.

Sebagai informasi, di Kota Tangerang telah tersedia 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas, dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang,  yakni, sesuai dengan kepesertaan BPJS masing-masing.

Baca Juga: 1.800 Ton Sampah di Kota Tangerang Diangkut Selama Lebaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya