Wali Kota Tangerang: Daripada Cari Masker, Mending Jahe 

Arief tegaskan warga gak perlu stok bahan makanan berlebihan

Kota Tangerang, IDN Times - Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah mengingatkan bahwa masker hanya diperuntukkan untuk orang yang sedang sakit. Orang sehat relatif tidak efektif jika menggunakan masker.

Arief pun menjabarkan beberapa langkah pencegahan virus corona yang bisa dijalankan warga. 

"Lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), cuci tangan, jangan ke tempat keramaian," kata Arief.

Selain itu, dia menegaskan warga tidak perlu stok bahan makanan pokok secara berlebihan. "Ini kan juga banyak yang beli Indomie dan segala macam," terang Arief di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Selasa (3/2).

1. Arief ungkap permintaan masker meningkat

Wali Kota Tangerang: Daripada Cari Masker, Mending Jahe IDN Times/Muhamad Iqbal

Arief juga mengungkap bahwa jumlah permintaan masker dari puskesmas, RSUD, dan rumah sakit lainnya ke Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus meningkat.

"Kalau buat pelayan puskesmas dan RSUD, nanti yang sakit pakai apa? Jadi saya pikir masyarakat bisa sadar dan paham. Saya juga mengimbau, anak anak yang sekolah juga bawa alkohol atau hand sanitizer untuk sering-sering cuci tangan," katanya.

2. Arief: jahe, kunyit, dan temulawak bisa antisipasi virus corona

Wali Kota Tangerang: Daripada Cari Masker, Mending Jahe Pixabay/Leo_65

Berdasarkan penelitian yang dia baca, kata Arief, daya tubuh akan meningkat jika banyak mengkonsumsi jahe, kunyit dan temulawak. Nah, daya tahan tubuh itu bisa membantu warga mengusir virus corona. 

"Ada juga yang menyatakan, seperti dari Menkes dan pakar, harus sering-sering cuci tangan. Nggak perlu pakai masker berlebihan. Masker hanya diberikan kepada yang sakit supaya tak menyebarkan penyakitnya," turunnya.

Dia menambahkan, daripada warga mencari masker, lebih baik membeli jahe, kunyit, dan temulawak. 

3. Arief harap masyarakat tenang

Wali Kota Tangerang: Daripada Cari Masker, Mending Jahe phila.gov

Arief menambahkan, menurut sebuah penelitian juga, apabila orang yang sehat pakai masker tersebut malah dapat terindikasi penyakit apa saja. Sebab, tangannya itu memegang muka terus.

"Saya berharap, masyarakat tetap tenang. Kita pemerintah pusat dan Pemkot Tangerang sudah siap mengantisipasi ini. Tentu kesiapan ini perlu ditunjang seluruh masyarakat yang melaksanakan pola hidup sehat," ucapnya.

Baca Juga: Wali Kota Tangerang: 17 Warga Sedang Dipantau Karena Pulang dari LN

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya