Warga Banten, Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan!

BMKG: waspadai bencana hidrometeorologi

Tangerang Selatan, IDN Times - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II meminta masyarakat Banten mewaspadai potensi adanya cuaca ekstrem di beberapa wilayah, dalam sepekan ke depan.

Kepala BBMKG Wilayah II, Hartanto menyatakan, hasil monitoring perkembangan kondisi cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten saat ini menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah.

"Dalam 24 jam terakhir, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terpantau terjadi di BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan, wilayah Kasemen Kota Serang sebesar 24.8 mm/hari, dan Cipanas Kabupaten Lebak terpantau sebesar 59.4 mm/hari,” kata Hartanto pada Selasa (29/1/2024).

1. Ini daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat, waspada!

Warga Banten, Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan!illustrasi hujan di sore hari (pexels.com/Andre Mouton )

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh BMKG, lanjutnya, sebagian wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi hujan sedang hingga deras di wilayah Provinsi Banten untuk periode 30 hingga 31 Januari 2024 antara lain:

  • Sebagian besar wilayah Kabupaten Serang
  • Kota Serang
  • Kota Cilegon
  • Sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak,
  • Sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang
  • Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, periode 1 hingga 5 Februari 2024 meliputi:

  • Kabupaten Serang bagian Utara
  • Kota Cilegon
  • Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangerang Selatan
  • Kabupaten Lebak bagian Utara
  • Kabupaten Pandeglang bagian Barat.

Hartanto mengatakan, potensi cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi itu disebabkan oleh menguatnya aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin sehingga dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator.

"Selain itu, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah memicu pembentukan awan hujan,” kata Hartanto.

2. BMKG meminta warga untuk menghindari lereng gunung atau perbukitan

Warga Banten, Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan!Ilustrasi jalan longsor (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Hartanto menjelaskan bahwa ada pola belokan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin dan memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Banten.

Oleh karena itu, Hartanto mengimbau, masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

“Untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang,” kata Hartanto.

3. Informasi lengkap bisa cek di sini

Warga Banten, Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan!ilustrasi Hotline (IDN Times/Aditya Pratama)

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di aplikasi @InfoBMKG, laman https://bbmkg2.bmkg.go.id, dan media sosial @bmkgwilayah2.

Baca Juga: Rumah di Lebak Ambles Usai Pergerakan Tanah, Warga: Takut Roboh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya