Waspada Pneumonia Merebak pada Anak, Pemkot Tangerang Imbau Begini

Penyakit ini tengah merebak di Tiongkok

Kota Tangerang, IDN Times - Beberapa waktu belakangan, kasus pneumonia berasal dari Tiongkok merebak. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti kasus tersebut. Diduga, berasal dari bakteri Mycoplasma pneumoniae.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni meminta masyarakat Kota Tangerang tetap tenang dan jangan panik. Beberapa langkah antisipasi dan berbagai upaya dapat dilakukan oleh masyarakat dengan mudah.

"Langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah dengan melakukan vaksinasi influenza, COVID-19, dan juga patogen penyakit pernapasan lainnya," kata Dini, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: Banjir Diskon! Pemkot Gelar Tangerang Great Sale 2023

1. Kalau terkena penyakit ini, upayakan isolasi mandiri

Waspada Pneumonia Merebak pada Anak, Pemkot Tangerang Imbau BeginiIlustrasi ruang Isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga diimbau memakai masker dengan benar serta menjaga jarak. "Lalu, isolasi mandiri dan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala-gejala seperti kesukaran bernapas disertai demam," kata Dini.

2. Warga diharap terapkan PHBS

Waspada Pneumonia Merebak pada Anak, Pemkot Tangerang Imbau BeginiIlustrasi betapa pentingnya pola hidup bersih (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Selain itu, Dini juga mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan ditambah dengan olahraga yang cukup sesuai kebutuhan.

"Sehingga, masyarakat Kota Tangerang dapat tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit," kata Dini.

3. Warga diminta mengonsumsi makanan yang bergizi

Waspada Pneumonia Merebak pada Anak, Pemkot Tangerang Imbau BeginiIlustrasi pasar tradisional. IDN Times/Besse Fadhilah

PHBS, lanjut Dini, juga merupakan upaya agar kita dapat tetap sehat dan bugar. Konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga dengan cukup sesuai kebutuhan. Konsumsi vitamin sesuai anjuran dan kebutuhan masing-masing.

"Mudah-mudahan, penyakit pneumonia ini tidak sampai ke Indonesia khususnya Kota Tangerang," tutupnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Cafe Vibes Puncak di Tangerang Raya, Tenang dan Asri!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya