Weekend Bingung Mau Kemana? Ke Museum Benteng Heritage Aja

Ini yang kamu bisa lakukan saat di museum tersebut

Kota Tangerang, IDN Times - Kamu masih bingung untuk menikmati akhir pekan kali ini dimana? Museum Benteng Heritage di Kota Tangerang bisa menjadi pilihan loh.

Apalagi, ada hal baru yang menarik untuk diketahui. Museum Benteng Heritage memiliki koleksi Master Piece Relif, yang mana ini merupakan peninggalan sejak abad ke-17 yang masih terawat dengan utuh.

1. Segini tarif masuk museumnya

Weekend Bingung Mau Kemana? Ke Museum Benteng Heritage AjaDok. Pemkot Tangerang

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung, bisa langsung datang ke Jalan Cilame Nomor 18-20, Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang. Tempat ini bisa menjadi referensi yang menarik untuk belajar dan lebih mengetahui tentang sejarah peranakan Tionghoa di Kota Tangerang.

Tempat ini buka dari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk masuk ke Museum Benteng Heritage, pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp30 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu pelajar. 

Di lokasi ini, banyak koleksi yang terbilang kuno, unik, dan berarsitektur tradisional Tionghoa yang diperkirakan dibangun pada pertengahan abad 17.

Baca Juga: 4 Makanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Kamu Coba

2. Jadi lokasi sarana pembelajaran sejarah Kota Tangerang

Weekend Bingung Mau Kemana? Ke Museum Benteng Heritage AjaDok. Pemkot Tangerang

Pemandu Museum Benteng Heritage, Rofi Martin Siahaan menjelaskan, tempat ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenal lebih jauh mengenai sejarah peranakan Tionghoa serta histori dari berdirinya Kota Tangerang.

Beragam aktivitas dapat dilakukan di Museum Benteng Heritage diantaranya yani, menikmati suasana Pasar Lama Tangerang.

"Dari balkon yang ada di lantai dua, pengunjung dapat melihat suasana Pasar Lama Tangerang. Melihat aktivitas pasar ini, memberikan sensasi suasana rumah tua di pedesaan," kata Martin, Jumat (2/8/2024).

3. Ada wahana lain juga yang bisa kamu dapatkan

Weekend Bingung Mau Kemana? Ke Museum Benteng Heritage AjaDok. Pemkot Tangerang

Selain menikmati suasana Pasar Lama, pengunjung juga bisa melihat koleksi Kecap Benteng.

Saat memasuki lantai satu, pengunjung akan melihat pajangan Kecap Benteng, tepatnya di sebelah tangga menuju lantai dua museum. Pabrik Kecap Benteng merupakan salah satu pabrik kecap tertua di Indonesia.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan yakni, belajar sejarah Peranakan Tionghoa. Seperti namanya, museum ini mengenalkan sejarah peranakan Tionghoa di Tangerang. Penjelasan seputar sejarah juga dilengkapi dengan koleksi peninggalan Tionghoa yang dipajang.

"Beberapa koleksi tersebut, di antaranya sebuah galeri yang berisikan berbagai macam kamera tua yang masih bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Berbagai koleksi alat pemutar lagu mulai dari yang paling kuno, Edisson phonograph buatan 1890-an," kata dia.

Selain itu, pengunjung juga menyewa pakaian khas Tionghoa. Selain melihat pajangan, pengunjung juga dapat mencoba pengalaman mengenakan pakaian khas Tionghoa. Pengunjung dapat menyewa dengan tarif Rp50 ribu.

“Harapan kami, semoga banyak Warga Kota Tangerang terkhusus para muda mudi nya bisa melek terhadap sejarah. Serta bisa mengenal budayanya juga. Karena kebanyakan yang datang di sini pengunjung dari luar Kota Tangerang. Yuk berkunjung ke Museum Benteng Heritage dan bersama-sama kita lestarikan cagar budaya di Kota Tangerang,” kata Martin.

Baca Juga: Pecinan Pasar Lama Surga Belanja Pernak-pernik Imlek di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya