Zaki: Pemakaian Produk Dalam Negeri Tangerang Masuk 5 Besar 

Yuk tingkatkan pemakaian produk dalam negeri~

Tangerang, IDN Times - Bupati Tangerang Zaki Iskandar menyebut, tingkat penggunaan produk dalam negeri Kabupaten Tangerang masuk lima besar perolehan nasional.

Zaki mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada seluruh pemda untuk melakukan perbaikan secara besar-besaran dari hulu hingga hilir dengan memperbanyak produk dalam negeri yang memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar kualitas produk dalam negeri makin meningkat.

"Syukur alhamdulillah Kabupaten Tangerang masuk dalam 5 besar daerah Kabupaten yang angka (penggunaan) PDN (produk dalam negeri)-nya terbesar di Indonesia," kata Zaki dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

1. Zaki harap angka penggunaan produk dalam negeri terus meningkat

Zaki: Pemakaian Produk Dalam Negeri Tangerang Masuk 5 Besar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Zaki berharap angka penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Tangerang akan semakin meningkat seiring makin banyaknya masyarakat yang semakin sadar berbelanja dan konsumsi produk-produk lokal dan semakin berkembangnya pelaku usaha UMKM dan Koperasi di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Juara Umum Porprov Banten 2022: Kota Tangerang!

2. Produk dalam negeri akan perkuat Indonesia

Zaki: Pemakaian Produk Dalam Negeri Tangerang Masuk 5 Besar Presiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Sementara dalam keterangan tertulis yang sama, Presiden Jokowi menegaskan bahwa bangsa Indonesia harus memiliki strategi besar untuk menjadi kuat dan mandiri di tengah situasi dunia yang bergejolak saat ini.

"Kita sedang menghadapi situasi dunia yang tidak baik-baik saja. Untuk itu, kita harus punya strategi besar dengan menggunakan kekuatan yang kita miliki agar makin kuat dan mandiri," kata Jokowi.

3. Jokowi minta peningkatan belanja produk dalam negeri

Zaki: Pemakaian Produk Dalam Negeri Tangerang Masuk 5 Besar Ilustrasi (Pixabay)

Presiden Jokowi menambahkan salah satu strategi untuk makin kuat dan mandiri adalah meningkatkan penggunaan dan belanja produk-produk dalam negeri. 

"Dengan membeli produk-produk dalam negeri itu akan membuka lapangan kerja sekaligus menghidupkan industri-industri kecil di dalam negeri sehingga perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan," ungkap dia. 

Hadir dalam Rakornas tersebut antara lain Menteri Koperasi UKM, Menteri Perindustrian, Menteri PAN RB, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa (LKPP), dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (BPKP), serta gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia.

Baca Juga: UMK 2023 Kabupaten Tangerang Diusulkan Naik 7,48 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya