Gereja Santo Nikodemus Ciputat Gelar Visualisasi Sengsara Yesus

Hari Ini umat Katolik di dunia memperingati Jumat Agung

Tangerang Selatan, IDN Times - Gereja Katolik Santo Nikodemus Paroki Ciputat, Tangerang Selatan menggelar tablo visualisasi kisah sengsara Yesus Kristus dalam rangka hari raya Jumat Agung hari ini (29/3/2024). Acara yang menjadi penutup ibadah jalan salib selama masa prapaskah.

Drama visualisasi itu digelar di halaman gereja dan dihadiri hampir seribu umat. “Visualisasi kisah sengsara ini mengambil tema memperkuat solidaritas dan subsidiaritas untuk mewujudkan kesejahteraan bersama,” kata Pastor Kepala Paroki Ciputat Romo Aloysius Susilo Wijoyo.

Baca Juga: 30 Ucapan Inspirasi Rohani untuk Memperingati Hari Jumat Agung

1. Gereja berharap umat mau bersolidaritas terhadap sesama

Gereja Santo Nikodemus Ciputat Gelar Visualisasi Sengsara YesusPastor Kepala Paroki Ciputat Santo Nikodemus, Romo Aloysius Susilo Wijoyo memberikan renungan (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Pastor kepala paroki Ciputat Romo Susilo berharap dengan digelarnya tablo kolosal yang dimainkan oleh enam puluh umat gereja ini adalah, agar dapat membantu umat menghayati kisah sengsara Yesus Kristus.

“Selain itu, ini adalah sebuah pesan pastoral sebagaimana Yesus mau bersolidaritas dan subsidiaritas kepada yang lemah, maka kita pun harus mau melakukannya”, tegas Romo Susilo saat memberikan renungan kepada umat yang hadir.

2. Pemain tablo berlatih selama 2 bulan

Gereja Santo Nikodemus Ciputat Gelar Visualisasi Sengsara YesusRomo dan para pemain visualisasi kisah sengsara di Gereja Santo Nikodemus, Ciputat (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Visualisasi kisah sengsara ini menjadi salah satu rangkaian acara prapaskah yang disiapkan oleh panitia gereja. Para pemain yang mayoritas adalah anak muda ini, dipilih dan kemudian dilatih hampir selama dua bulan.

Menurut Jojo, pemain yang memerankan sebagai Yesus, awalnya Ia merasa deg-degan dipilih menjadi Yesus, tapi setelah menjalani latihan dan membaca Alkitab serta menonton film tentang Yesus, dia pun merasa mantap dan menjiwai perannya.

“Peran ini mempengaruhi iman dan kerohanian saya, dan kini saya merasa dekat dengan Yesus,” kata Jojo.

3. Gereja Santo Nikodemus menggelar dua kali ibadah Jumat Agung

Gereja Santo Nikodemus Ciputat Gelar Visualisasi Sengsara YesusVisualisasi kisah sengsara Yesus Kristus digelar di halaman gereja Santo Nikodemus, Ciputat (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Sementara itu, beberapa umat yang ditemui IDN Times mengaku terharu dan sedih setelah mengikuti visualisasi kisah sengsara Yesus Kristus ini.

“Saya sampai menangis, mendengar suara Yesus yang merintih dicambuk dan disiksa prajurit,”kata Ani seorang umat yang hadir.

Gereja Santo Nikodemus Ciputat yang berada di Komplek Mabad, Rempoa, Ciputat, hari ini akan menggelar dua kali ibadah Jumat Agung. Sementara Sabtu (30/3/2024), Gereja Santo Nikodemus Ciputat melaksanakan dua kali misa Malam Paskah. 

Baca Juga: Pemkot Tangsel Siapkan 1000 Kuota Mudik Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya