Umat Muslim Diminta Cek Ulang Arah Kiblat, Ada Apa?

Besok matahari akan berada tepat di atas Ka'bah

Jakarta, IDN Times – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, matahari akan berada tepat di atas Ka’bah pada Rabu, 15 Juli besok. Fenomena tersebut terjadi karena pada tanggal tertentu dalam setahun, matahari akan bergerak semu dari posisi 23,5 derajat Lintang Selatan (LS) ke 23,5 derajat Lintang Utara (LU) dan sebaliknya. Untuk itu, umat muslim diminta untuk mengecek ulang arah kiblatnya.

“Contoh hal ini adalah saat Matahari tepat berada di atas Ka’bah, yang merupakan arah pusat kiblat bagi umat Islam. Mengingat posisi Ka’bah berada di 21o 25’ 21” LU dan 39o 49’ 34” BT, dalam setahun Matahari akan tepat berada di atas Ka’bah sebanyak dua kali,” demikian diinformasikan BMKG di laman resminya, bmkg.go.id, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Matahari Akan Melintas di Atas Ka'bah Besok, Cek Lagi Arah Kiblat

1. Di 2020, matahari berada tepat di atas Ka'bah pada 27 Mei dan 15 Juli

Umat Muslim Diminta Cek Ulang Arah Kiblat, Ada Apa?Ramadan hari pertama di Masjidil Haram (ANTARA FOTO/REUTERS/Ganoo Essa)

BMKG menjelaskan, 2020 masuk dalam kategori tahun kabisat. Untuk itu, pada tahun ini matahari tepat berada di atas Ka’bah pada tanggal 27 Mei pukul 12.18 waktu Arab Saudi atau pukul 16.18 WIB. Dengan waktu toleransi yaitu pada 26-28 Mei.

Fenomena itu juga akan terjadi pada 15 Juli pukul 12.27 waktu Arab Saudi atau pukul 16.27 WIB. Dengan waktu toleransi yaitu pada 14-16 Juli.

“Pada waktu-waktu tersebut, umat Islam dapat melakukan kalibrasi arah kiblatnya,” ujar BMKG.

2. Lima langkah untuk memperbaiki arah kiblatmu

Umat Muslim Diminta Cek Ulang Arah Kiblat, Ada Apa?Warga mulai salat berjamaah di masjid. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Beriktu ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kembali arah kiblat sudah tepat atau belum, guna mendukung kegiatan ibadahmu:

1. Sesuaikan jam yang akan digunakan untuk kalibrasi arah kiblat ini dengan jam atom BMKG di http://jam.bmkg.go.id atau http://ntp.bmkg.go.id.

2. Gunakan alat yang dapat dijadikan tegak lurus pada tanah yang datar untuk kalibrasi arah kiblat ini. Alat ini bisa berupa bandul yang digantung atau tiang pancang atau dinding bangunan yang benar-benar tegak lurus terhadap tanah yang datar.

3. Lakukan proses kalibrasi sejak 5 menit sebelum waktu yang ditentukan di atas hingga 5 menit sesudahnya, dengan puncak kalibrasi pada waktu-waktu di atas.

 4. Perhatikan arah bayangan yang terjadi pada alat yang digunakan untuk kalibrasi arah kiblat ini.

5. Tarik garis dari ujung bayangan hingga ke posisi alat. Garis yang ditarik itulah arah kiblat yang sudah dikalibrasi dengan posisi Matahari saat tepat berada di atas Ka’bah.

3. Waktu yang tepat untuk mengecek arah kiblat bila kamu tinggal di wilayah WIT dan WITA

Umat Muslim Diminta Cek Ulang Arah Kiblat, Ada Apa?Ilustrasi (IDN Times/Anata)

BMKG menjelaskan, waktu pengecekan arah kiblat terjadi pada saat matahari sudah terbenam di wilayah WIT dan WITA. Dengan demkian, umat Muslim yang tinggal di wilayah waktu tersebut dapat melakukan pengecekan arah kiblat saat Matahari tepat berada di atas wilayah yang merupakan antipodal Ka’bah, yaitu di 21 derajat 25’ 21” LS dan 140 derajat 10’ 26” BB.

Matahari akan tepat berada di atas antipodal Ka’bah pada:

1. Tanggal 14 Januari pukul 00.29 waktu Arab Saudi atau pukul 04.29 WIB atau pukul 05.29 WITA atau pukul 06.29 WIT. Waktu toleransinya adalah pada tanggal 13 sampai 15 Januari.

2. Tanggal 28 November pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau pukul 04.09 WIB atau pukul 05.09 WITA atau pukul 06.09 WIT. Waktu toleransinya adalah pada tanggal 27 November sampai 29 November.

Proses kalibrasi yang dilakukan pun sama dengan yang sudah dipaparkan sebelumnya. Namun, pada langkah nomor 5, terdapat perubahan yaitu menarik garis dari posisi alat ke ujung bayangan. Garis tersebut adalah arah kiblat yang sudah cek dengan posisi Matahari saat tepat berada di atas antipodal Ka’bah.

“Jangan melihat Matahari secara langsung tanpa menggunakan penapis cahaya karena sangat berbahaya bagi mata,” pesan BMKG.

Baca Juga: Matahari Kembali Berada di Atas Kakbah, Ayo Cek Arah Kiblat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya