Comscore Tracker

Keluarga Ini yang Pertama Terima Uang Baru Pecahan Rp75 Ribu

Uang baru diluncurkan di hari Kemerdekaan RI

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia resmi meluncurkan Uang Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan nominal Rp75.000. Uang baru itu kemudian diberikan secara simbolis kepada keluarga Proklamator, Ir Sukarno dan Mohammad Hatta, yang diwakili oleh Guntur Soekarno dan Mutia Hatta.

Peresmian rilis uang tersebut dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Gubernur BI, Perry Warjiyo secara virtual.

"Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator Alm. Bapak Ir. Sukarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga Alm. Bapak Ir. Soekarno," kata Gubernur BI Perry Warjiyo.

Kemudian, Sri Mulyani juga turut menyerahkan uang spesial tersebut kepada Mutia Hatta.

"Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Alm. Drs. Mohammad Hatta," kata Sri Mulyani.

Keluarga Ini yang Pertama Terima Uang Baru Pecahan Rp75 RibuPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (Youtube.com/Bank Indonesia)

Uang Rp75.000 sebagai peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia itu, memiliki ornamen tersendiri. Pada bagian depan uang kertas tersebut terdapat gambar peristiwa proklamasi tahun 1945 dan hasil capaian Indonesia khususnya bidang infrastruktur, serta foto Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta.

Sedangkan pada bagian belakang uang rupiah edisi khusus ini, menggambarkan kebinekaan bangsa yang diwakili dengan foto anak-anak Indonesia mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah dan tanggap akan kemajuan teknologi digital. Juga ada gambar peta Indonesia dan Satelit Palapa.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya