385 Haji Asal Tangerang Tiba di Indonesia

Dua jemaah haji dilaporkan meninggal dunia

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 385 jemaah haji asal Kabupaten Tangerang tiba di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (23/8). Dalam pelaksanaan Ibadah haji tahun ini Kemenag menyebut ada dua orang jemaah yang dilaporkan meninggal dunia.

Dua orang jemaah dari kelompok terbang (kloter) 11 itu dipastikan Kemenag telah menunaikan seluruh rangkaian Ibadah haji 2019, dan telah dikebumikan di Arab Saudi.

1. Kemenag pastikan kepulangan jemaah berjalan lancar

385 Haji Asal Tangerang Tiba di IndonesiaIDN Times/Candra Irawan

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Badri Hasun mengatakan, hari ini 385 jemaah haji dari kloter 4 telah kembali ke Kabupaten Tangerang. Badri memastikan kepulangan jemaah itu tidak mengalami kendala dan barang bawaan para jemaah juga tidak melanggar aturan penerbangan yang berlaku.

"Saat ini tinggal proses penjemputan dari keluarga jemaah, semuanya lancar dari Madinah hingga ke Indonesia. Untuk barang bawaan itu jadi memang untuk tas-tas kecil bisa dibawa langsung para jemaah, dan tidak ada masalah untuk barang bawaan," jelasnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Ini Jadwal Kedatangan Penerbangan Haji di Bandara Angkasa Pura II

2. Dua orang jemaah dilaporkan meninggal dunia di tanah suci

385 Haji Asal Tangerang Tiba di IndonesiaIDN Times/Candra Irawan

Badri menjelaskan, dari 4.000 lebih jemaah haji asal Kabupaten Tangerang pihaknya menerima laporan dua orang jemaah yang meninggal dunia di tanah suci, dan 2 orang jemah tersebut dipastikannya telah menunaikan ibadah haji.

"Betul kami menerima laporan dua orang meninggal dunia, karena penyakit pernapasan. 2 orang itu sudah mengikuti semua rangkaian haji dan yang meninggal sebelum haji juga panitia dari Kemenag pusat sudah menyiapkan pengganti hajinya," ujarnya.

3. Kepulangan jemaah dilakukan bertahap

385 Haji Asal Tangerang Tiba di IndonesiaIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Tangerang, Anas Suandi menambahkan dua orang jemaah yang meninggal dunia itu bernama Hamna Nawi Finan (68) dan Masni binti Ahmad Hasanudin (79) dari kloter 11. Menurut Anas, keduanya sudah dimakamkan di pemakaman Jannatul Baqi, Madinah serta pemakaman Sharaya, Mekkah.

"Ada 8 kloter untuk Kabupaten Tangerang dan kepulangan jemaah akan dilakukan secara bertahap sampai 15 September nanti," ucap dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perjalanan Haji Menuju Tanah Suci Tahun 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya