Blusukan ke Wilayah Banjir, Bupati Tangerang Janji Akan Bantu Warga

Tujuh kampung terendam banjir luapan Sungai Cidurian

Tangerang, IDN Times - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, blusukan ke wilayah terdampak luapan air Sungai Cidurian di Kecamatan Cisoka dan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/1). Zaki berjanji akan membantu korban terdampak banjir tersebut hingga tuntas, dan ia juga sudah menginstruksikan pemerintah setempat untuk turun tangan.

Dari tujuh kampung yang dilanda, Kampung Selapajang Desa Cerenang, Kecamatan Cisoka menjadi kampung yang paling parah. Selain itu, kampung tersebut merupakan wilayah yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Serang.

Baca Juga: Korban Banjir Minta Kasur, Iriana Jokowi: Nanti Minta Pak Presiden

1. Bupati Zaki berjanji akan penuhi kebutuhan korban

Blusukan ke Wilayah Banjir, Bupati Tangerang Janji Akan Bantu WargaIDN Times/Candra Irawan

Bupati Zaki mengatakan, pihaknya akan terus memberikan bantuan hingga kebutuhan masyarakat terpenuhi, dan fokus utama bantuan tersebut ialah logistik atau makanan yang saat ini paling dibutuhkan masyarakat.

"Tadi saya meninjau langsung di lokasi yang masih terendam banjir di Kampung Nyompok Girang, Desa Carenang dan Kampung Selapajang di Kecamatan Cisoka dan di Kampung Solear Kecamatan Solear. Air sudah mulai surut dan warga pun sudah mulai kembali membersihkan rumahnya," jelasnya.

2. Aparatur pemerintah dan TNI-Polri diinstruksikan bantu warga

Blusukan ke Wilayah Banjir, Bupati Tangerang Janji Akan Bantu WargaIDN Times/Candra Irawan

Zaki menjelaskan, pemerintah setempat bersama TNI-Polri sudah bersiaga di sejumlah lokasi banjir yang ketinggian airnya sudah menurun, guna membantu warga yang hendak kembali ke rumahnya masing-masing.

"Semuanya untuk bersama-sama membantu membersihkan rumah warga," ujarnya.

3. Camat sebut banjir awal 2020 merupakan terparah sejak 2007

Blusukan ke Wilayah Banjir, Bupati Tangerang Janji Akan Bantu WargaIDN Times/Candra Irawan

Camat Cisoka Ahmad Hapid mengungkapkan, seluruh korban terdampak banjir di wilayahnya sudah dievakuasi oleh tim BPBD Kabupaten Tangerang.

"Banjir ini datang di jam 2 malam tadi, ini merupakan banjir cukup besar. Terakhir banjir besar seperti ini terjadi di tahun 2007. Biasanya kalau pun terjadi hujan besar Cidurian masih bisa menampungnya," kata dia.

4. Luapan banjir diprediksi akan reda hari ini

Blusukan ke Wilayah Banjir, Bupati Tangerang Janji Akan Bantu WargaIDN Times/Candra Irawan

Menurut Hapid, banjir tersebut diprediksi akan selesai pada hari ini. "Warga sudah bisa kembali ke rumahnya masing masing untuk membersihkannya dan kembali beraktivitas seperti biasanya," ucap Hapid.

Baca Juga: 70 Persen Wilayah Kota Bekasi Dikepung Banjir

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya