Jelang Nataru, Direktur Lalu Lintas Sidak Petugas Imigrasi Bandara Soetta

Imigrasi gandeng Timpora perketat pengawasan WNA

Tangerang, IDN Times - Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis kemarin.

Sidak tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan petugas Imigrasi dalam menghadapi peak season Natal dan Tahun Baru (Nataru), yang diperkirakan akan terjadi hingga 8 Januari 2020 mendatang. 

1. Direktur Lalu Lintas klaim Imigrasi Bandara Soetta siap hadapi Nataru

Jelang Nataru, Direktur Lalu Lintas Sidak  Petugas Imigrasi Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 803 petugas untuk melayani penumpang dari dan keluar negeri baik di Terminal 2 maupun Terminal 3, yang diprediksi akan terjadi lonjakan di Nataru tahun ini.

"Dalam sidak ini kami tidak menemui kendala berarti, secara keseluruhan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus siap dalam melayani penumpang pada libur akhir tahun kali ini," katanya.

Baca Juga: 5 Hal yang Menunjukkan Soetta Masuk Top 10 Bandara Low-Cost Dunia 

2. Pengawasan WNA akan diperketat selama Nataru

Jelang Nataru, Direktur Lalu Lintas Sidak  Petugas Imigrasi Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Cucu menjelaskan, pengawasan Warga Negara Asing (WNA) Keimigrasian berkoordinasi secara intensif dengan TNI/Polri, Angkasa Pura II, Bea Cukai, Karantina, Kesehatan pelabuhan yang tergabung dalam Tim Terpadu Nataru. Sehingga ketika ditemukan satu masalah, dapat diselesaikan dengan baik.

"Peningkatan pengawasan tetap dilakukan untuk mencegah masuknya WNA melanggar keimigrasian," ujarnya.

3. Timpora juga turut diterjunkan guna membantu pengawasan WNA

Jelang Nataru, Direktur Lalu Lintas Sidak  Petugas Imigrasi Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Tidak sampai d isitu, lanjut Cucu, pihaknya juga melibatkan Tim pengawasan orang asing atau Timpora yang terdiri dari berbagai instansi dan stakeholder.

"Yang jelas kita ingin memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang, sehingga tidak stres ketika berangkat atau juga tidak stres ketika mereka tiba karena dilayani oleh para petugas dengan baik yang profesional," katanya.

4. Petugas Imigrasi Bandara Soetta sudah dibekali pengetahuan pengawasan WNA yang dicurigai melanggar

Jelang Nataru, Direktur Lalu Lintas Sidak  Petugas Imigrasi Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Saffar Muhammad Godam menambahkan, di Nataru tahun ini pihaknya memprediksi adanya lonjakan penumpang, maka dari itu peningkatan layanan operasional secara penuh harus dilakukan termasuk pengawasan.

"Kita juga sudah mengantisipasi WNA diduga melanggar keimigrasian, dengan membekali petugas dengan pengetahuan. Kalau memang ada WNA yang melakukan pelanggaran kita akan lakukan pemeriksaan," ucap Godam.

Baca Juga: Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara Soetta

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya