Rumah Sakit Islamic Tangerang Diterjang Banjir, 54 Pasien Dievakuasi

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau RS yang banjir

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 54 pasien Rumah Sakit Qadr Islamic di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, dievakuasi lantaran terdampak banjir, Rabu (1/1). Ketinggian air yang masuk ke rumah sakit tersebut bahkan mencapai 30 sentimeter, dan puluhan pasien itu dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Tidak sampai di situ, aktivitas di rumah sakit itu pun sempat terganggu karena terendam banjir. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pun turut meninjau Rumah Sakit Qadr Islamic.

1. Pasien dievakuasi ke empat rumah sakit yang tidak terdampak banjir

Rumah Sakit Islamic Tangerang Diterjang Banjir, 54 Pasien DievakuasiIDN Times/Candra Irawan

Bupati Zaki mengatakan, evakuasi perlu dilakukan lantaran debit air semakin tinggi di kawasan Rumah Sakit Qadr Islamic. Evakuasi dibantu oleh sejumlah mobil ambulans dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan TNI.

"Evakuasi yang dekat di Siloam kedua ataupun induk, tapi ada juga yang di Annisa ada juga di RSUD Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Baca Juga: Korban Banjir di Kabupaten Tangerang Mencapai 1.000 KK

2. Banjir di awal tahun ini yang terparah

Rumah Sakit Islamic Tangerang Diterjang Banjir, 54 Pasien DievakuasiIDN Times/Candra Irawan

Zaki menjelaskan, pemerintah sudah bersiap siaga menghadapi banjir tersebut, dengan mendirikan dapur umum di Kecamatan Pagedangan, Kelapa Dua dan Curug. Selain itu, wilayah pesisir utara berdasarkan dari laporan yang diterimanya sudah ada yang terdampak banjir.

"Namun tidak separah ini, tapi masih kita waspadai karena sedang musim penghujan gini musibah gak ada yang tau," ujarnya.

3. Banjir di Kabupaten Tangerang mencapai 20 sampai 30 sentimeter

Rumah Sakit Islamic Tangerang Diterjang Banjir, 54 Pasien DievakuasiIDN Times/Candra Irawan

Menurut Zaki, banjir yang terjadi sejak pagi tadi diakibatkan tingginya curah hujan saat di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang, dengan ketinggian air mencapai 20 sampai 30 sentimeter. Zaki memastikan seluruh kesiapsiagaan jajarannya guna mengantisipasi hujan lokal serta banjir kiriman.

"Kondisi saat ini masih dalam siaga banjir kiriman, seluruh instansi terkait juga saya minta untuk mengantisipasi ini. Selain itu, kami imbau warga yang ada di bantaran kali untuk lebih waspada," katanya.

4. Zaki imbau warga waspadai DBD

Rumah Sakit Islamic Tangerang Diterjang Banjir, 54 Pasien DievakuasiIDN Times/Ronaldirwan

Zaki mengimbau, masyarakat harus waspada terhadap curah hujan yang tinggi saat ini khususnya di sektor wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Daerah-daerah yang rawan terkena bencana banjir.

"Kita sudah siapkan berbagai penanggulangan bagi warga jika warga harus mengungsi, dapur umum serta berbagai perlengkapan logistik pun sudah kita siapkan," ucap Zaki.

Baca Juga: 2 Orang Tewas di Tangerang Akibat Banjir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya