Comscore Tracker

Hore! 238 WNI di Natuna Bisa Pulang pada 15 Februari

Pemerintah akan fasilitasi WNI sampai ke kampung halamannya

Jakarta IDN Times - Proses karantina dan observasi 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau segera berakhir. Mereka bisa kembali ke rumah masing-masing pada Sabtu (15/2). 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan, sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), masa inkubasi bagi para WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok, dilaksanakan selama 14 hari.

"Jatuh pada tanggal 15 Februari yang akan datang jam 12 siang. Dan rencananya akan dilepas langsung oleh Pak Kemenko hari Sabtu di Lanud Raden Sajad," kata Doni saat jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (13/2).

Baca Juga: Istana: Anggota ISIS eks WNI Berstatus Stateless

1. WNI akan diterbangkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta

Hore! 238 WNI di Natuna Bisa Pulang pada 15 FebruariWikimedia.org/ Akhmad Fauzi

TNI telah mengalokasikan 4 unit pesawat untuk membawa para WNI tersebut dari Natuna menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, mereka baru akan menuju daerahnya masing-masing.

Pemerintah, dalam hal ini BNPB, telah menyiapkan tiket pesawat untuk ratusan WNI itu sehingga mereka bisa kembali ke kampung halaman masing-masing.

"Kemudian mereka nanti akan diatur oleh perwakilan dari tiap-tiap daerah untuk penjemputannya di Lanud Halim Perdanakusuma, setelah tiba," kata Doni.

Baca Juga: Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna

2. Pemerintah juga akan memfasilitasi bagi WNI yang akan kembali ke kampung halamannya pada hari Minggu

Hore! 238 WNI di Natuna Bisa Pulang pada 15 FebruariKonferensi Pers Menko PMK dan Kepala BNPB (Dok. Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Selain itu, pemerintah juga akan mengakomodir segala kebutuhan WNI yang memutuskan pulang di hari Minggu (16/2). Akomodasi yang disiapkan pemerintah, kata Doni lagi, mulai dari bantuan biaya penginapan dan transportasi.

"Diharapkan saudara-saudara kita yang dari Wuhan tidak kesulitan untuk menuju ke kampung halamannya," kata Doni.

3. Pemerintah akan adakan silaturahmi dengan masyarakat Natuna

Hore! 238 WNI di Natuna Bisa Pulang pada 15 FebruariKonferensi Pers Menko PMK dan Kepala BNPB (Dok. Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Pada 15 Februari nanti, Kemenko PMK juga akan mengadakan pertemuan silaturahmi dengan masyarakat Natuna sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah menerima WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok.

"Pak Kemenko bersama tim nanti akan memberikan sejumlah ucapan terima kasih kepada masyarakat Natuna. Pada tanggal 15 malam, ada pertemuan, ada silaturahmi, sehingga masyarakat Natuna juga mendapatkan informasi yang lebih jelas, lebih konkret dari pemerintah," kata Doni.

Baca Juga: Pulang dari Natuna, 13 Mahasiswa Tak Dicek Lagi Kesehatannya di Aceh

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya