Comscore Tracker

[BREAKING] 12 Warga India yang Tiba di Indonesia Terinfeksi COVID-19

Sebelumnya tercatat hanya 9 yang positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 127 Warga Negara Asing asal India yang datang ke Indonesia pada Rabu (21/4/2021) malam. Dari jumlah itu, 12 orang positif COVID-19.

"Semuanya sudah diambil Genome Sequencing, tapi belum keluar hasilnya," kata Menkes dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube PerekonomianRI, Jumat (23/4/2021).

Sementara itu Ketua Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartato mengatakan, warga negara Indonesia (WNI) dari India tetap bisa kembali ke Tanah Air, namun tetap harus melewati protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan pemerintah.

"Sedangkan bagi WNI yang akan kembali ke Indonesia dan pernah tinggal atau mengunjungi india, dalam kurun 14 tetap diizinkan masuk dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Airlangga.

Setelah tiba ke Indonesia, WNI dari India wajib melakukan karantina selama 14 hari di hotel khusus yang disediakan pemerintah.

"Lulus PCR hasil negatif maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Hari pertama kedatangan dan hari ke-13 pasca karantina akan kembali di PCR tes," tutur Airlangga.

"Pengetatan protokol ini akan diberlakukan untuk semua moda transportasi darat, laut dan udara. Ketentuannya akan dilanjutkan lewat Surat Edaran Dirjen Imigrasi Kumham dan juga dari lembaga lain yang terkait dengan ini," tambahnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah menyetop sementara pemberian visa bagi warga negara asing (WNA) yang pernah singgah atau berasal dari India. Kebijakan itu diambil setelah kasus COVID-19 di India meroket, beberapa hari terakhir. 

Baca Juga: Ratusan WN India Masuk Indonesia, 9 Orang Positif COVID-19

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya