Virus Corona  yang Menempel di Ponsel Bisa Bertahan 5 Hari

Bermain handphone di KRL tingkatkan penyebaran COVID-19

Jakarta, IDN Times - Dokter spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network,  Edward Faisal mengungkapkan sejumlah virus, termasuk SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang menempel pada telepon seluler (ponsel) alias gawai dapat bertahan selama lima hari.

"Saat virus nempel di gawai kita bisa bertahan sampai lima hari, jangan salah," kata Edward yang dilansir di laman covid19.go id, Kamis (17/6).

1. Virus menempel di gawai mayoritas dari tangan

Virus Corona  yang Menempel di Ponsel Bisa Bertahan 5 HariANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Edward menerangkan virus yang menempel di gawai berasal dari bermacam-macam faktor. Dalam hal ini penularan atau pencemarannya lebih banyak berasal dari tangan penggunanya.

"Kalau ada orang ngomong akan nambah lagi (potensi cemaran virusnya)," kata dokter Edward. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Baca Juga: Ini Protokol Kesehatan di Pasar untuk Cegah Penularan Virus Corona

2. Jangan gunakan gawai selama perjalanan di KRL

Virus Corona  yang Menempel di Ponsel Bisa Bertahan 5 HariGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dia menyarankan tidak menggunakan gawai dalam angkutan umum, salah satunya Commuterline atau Kereta Api Listrik (KRL)

"Dalam kaitannya dengan para commuter, pencemaran virus ke gawai juga dapat berasal dari percikan droplet dari para pengguna KRL," bebernya.

"Jadi selain risiko untuk kita, juga orang yang di rumah. Jadi kalau kita sayang sama orang yang di rumah dan di sekitar kita, sebaiknya jangan keluarin handphone (di angkutan umum)," sambung Edward.

3. Pastikan cuci tangan pakai sabun

Virus Corona  yang Menempel di Ponsel Bisa Bertahan 5 HariSuasana KRL pada Rabu, 15 April 2020 (Twitter/@9321Bar)

Adapun beberapa hal lain yang wajib dilakukan bagi para pengguna KRL adalah menjaga pikiran selalu positif dalam melakukan aktivitas dan mengikuti protokol kesehatan.

"Pastikan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti apabila tidak ada fasilitas cuci tangan," imbaunya.

Baca Juga: Pembukaan Mal Bisa Perbesar Penularan COVID-19, AC Bisa Sebar Droplet

4. Penggunaan KRL diperketat dengan protokol kesehatan

Virus Corona  yang Menempel di Ponsel Bisa Bertahan 5 Hari(Instagram/@Jalur5)

Selama pandemik COVID-19, penggunaan KRL dibatasi dan diperketat dengan protokol kesehatan, waktu operasional juga disesuaikan untuk menghindari lonjakan penumpang.

"Pada penerapan protokol kesehatan di dalam KRL, menjaga jarak atar penumpang dan memakai masker penutup mulut dan hidung menjadi aturan yang diwajibkan agar penularan virus melalui droplet dapat dihindari," terangnya.

Baca Juga: 4 Acara Besar Ini Diduga Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona di Jabar

Topik:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya