Comscore Tracker

Kala Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Akun Abu Janda

Bermula dari twitwar Abu Janda dengan Tengku Zulkarnain

Jakarta, IDN Times - Netizen di Twitter sempat menyoroti cuitan Permadi Arya alias Abu Janda yang menyebut, Islam adalah agama yang arogan. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun ikut angkat suara.

Cuitan Abu Janda tersebut berawal dari twitwar dengan Tengku Zulkarnain. Awalnya, Tengku Zulkarnain melalui akun Twitter @ustadztengkuzul berbicara soal arogansi minoritas terhadap mayoritas di Afrika.

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, apartheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," demikian cuit Tengku Zulkarnain seperti dilihat pada Jumat (29/1).

1. Abu Janda menjawab cuitan Tengku Zulkarnain tersebut

Kala Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Akun Abu JandaLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Abu Janda kemudian membalas cuitan Tengku Zulkarnain, melalui akun pribadinya @permadiaktivis1.

"Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," cuit Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1.

Baca Juga: Diduga Rasisme ke Natalius Pigai, Abu Janda Dilaporkan ke Bareskrim 

2. #TangkapPermadiArya pun menjadi viral deh

Kala Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Akun Abu Jandacuitan warganet meminta Abu Janda ditangkap karena menyebut Islam Arogan (Dok.Twitter @DeviyantiKU)

Sebagian warganet kemudian menyesalkan apa yang disampaikan Abu Janda karena dinggap memprovokasi. Tagar #TangkapPermadiArya pun menjadi viral di Twitter. 

"Anda ini siapa suka ganti-ganti Pakaian. Dan selalu Fitnah ke sana kemari??” demikian cuit seorang warganet dengan nama akun @Andihmz.

"Lagian orang kek abu janda gini masih ada aja apa yg mau denger omongannya, masih ada yg mau nyimak omongannya sampe selesai? Lucunya di undang ke stasiun stasiun tv, iyuuh  #TangkapPermadiArya” cuit akun @DeviyantiKU.

3. Susi Pudjiastuti ikut mengomentari pernyataan Abu Janda soal Islam Arogan

Kala Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Akun Abu JandaEks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Tak hanya warganet, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti juga ikut mengomentari cuitan Abu Janda. Susi meminta warganet untuk unfollow akun Twitter Abu Janda.

"Saya pikir saatnya dihentikan ocehan2 model seperti ini yg selalu menyinggung perasaan publik. Tidak sepantasnya dimasa sulit pandemic, hal2 yg tidak positif dibiarkan. Ayo kita unfollow, dan jangan perdulikan lagi orang2 seperti ini. Salam sehat & damai,” cuit Susi melalui akun Twitter @susipudjiastuti.

Abu Janda sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan rasisme ke mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Laporan itu didasarkan pada cuitan Abu Janda di Twitter yang menyinggung soal 'evolusi’.

Kasus ini diawali ketika Abu Janda mengomentari perdebatan antara Natalius Pigai dengan mantan Kepala BIN, Abdullah Mahmud Hendropriyono. Namun, cuitan itu kini sudah dihapus.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya