Comscore Tracker

Anak Bosan Belajar di Rumah? Nih Tips Mengatasinya

Belajar di rumah menjadi pilihan di tengah pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Mayoritas sekolah di Banten dan wilayah lainnya sudah berminggu-minggu melaksanakan belajar dari rumah. Salah satu tantangan yang kini dihadapi adalah rasa bosan siswa didik. 

Ya, rasa bosan siswa di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu wajar saja. Tak hanya anak-anak, orang dewasapun mengalami rasa bosan selalu berada di rumah. 

Untuk mengatasi masalah ini, peran aktif orangtua sangat dibutuhkan untuk membimbing anak mereka agar tetap mau belajar meskipun tidak di sekolah.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua bersama anak agar mengatasi rasa bosan belajar di rumah selama pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Belajar dari Rumah, Guru SD Ini Siasati Bikin Kelas Lewat TikTok

1. Orangtua, jangan lupa tanyakan perasaan sang anak selama belajar di rumah dan dengarkan curahan hatinya ya

Anak Bosan Belajar di Rumah? Nih Tips MengatasinyaIlustrasi belajar dari rumah (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Psikolog pendidikan dan konselor sekolah, Arlita, memberikan beberapa tip yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak-anak mengatasi rasa bosan belajar di rumah. Pertama, orangtua harus berkomunikasi dengan anak terkait sistem pembelajaran.

 Orangtua juga diminta untuk tidak lupa menanyakan perasaan anak-anak selama belajar di rumah. "Sehingga anak bisa komunikasi kan rasa bosannya ke orangtua, dan orangtua bisa diskusikan kepada anak maunya gimana supaya lebih menyenangkan dan tidak membosankan,” kata Arlita saat dihubungi IDN Times, Selasa (5/5).

2. Tempat belajar si anak harus senyaman mungkin agar dia bisa konsentrasi

Anak Bosan Belajar di Rumah? Nih Tips MengatasinyaIlustrasi (IDN Times/Yogi pasha)

Kedua, buat tempat belajar anak menjadi nyaman dan menyenangkan. Misalnya hanya sekadar berpindah tempat saja membuat rasa bosan anak hilang atau bahkan memodifikasi waktu belajar anak dari jam biasanya.

“Zaman sekarang modifikasi kegiatan belajar sudah banyak banget pilihannya, misal banyak situs-situs online yang menawarkan kegiatan edukatif yang bisa dilakukan anak,” ujarnya.

3. Orangtua bisa melibatkan anak dalam kegiatan di rumah untuk mempelajari nilai-nilai dan keterampilan praktis

Anak Bosan Belajar di Rumah? Nih Tips MengatasinyaSiswi belajar di rumah (Dok.Ranoto Foundation)

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran ini menjelaskan, selama di rumah adalah kesempatan baik bagi anak untuk bisa mengembangkan keterampilan praktis mereka. Jadi, peran orangtua selama anak belajar di rumah sangat dibutuhkan.

“Misal pelajaran menghitung, apa sih kegiatan di rumah yang bisa melibatkan pelajaran menghitung. Anak bisa dilibatkan kegiatan rumah tangga, sambil dilibatkan nilai-nilai dan keterampilan praktis di rumah,” tuturnya.

4. Kunci lain yang harus orangtua ketahui: mengatur keseimbangan hidup anak

Anak Bosan Belajar di Rumah? Nih Tips Mengatasinya(Ilustrasi siswa saat belajar di rumah) ANTARA FOTO/Arnas Padda

Lebih jauh Arlita menambahkan, dari seluruh metode tersebut, hal paling penting yang harus diketahui oleh orangtua adalah mengatur keseimbangan hidup anak. Hal ini untuk mencegah agar anak tidak bosan menjalankan aktivitas belajar selama di rumah saja.

“Kapan untuk main, kapan untuk belajar, kapan bersama untuk keluarga. Jadi hidup balance gak cuma ngerjain tugas aja, sehingga anak tidak bosan karena banyak variasi lainnya selain belajar,” ujarnya.

https://www.youtube.com/embed/mP5MdTCKk2s

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya