10 Orang Positif COVID-19, Pasar Tanah Abang Mulai Ditutup Besok

Penutupan akan berlangsung selama tiga hari

Jakarta, IDN Times - Kasus positif COVID-19 atau virus corona kembali ditemukan di pasar tradisional di Jakarta. Hal itu diketahui dari hasil pengetesan massal di lima pasar Kecamatan Tanah Abang, yaitu Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B, Pasar Metro Tanah Abang, Pasar Central Tanah Abang dan Pasar Mode Tanah Abang.

"Ada sekitar 10 orang yang terkonfirmasi positif di lima tempat itu," kata Kapuskesmas Tanah Abang, Sari Ulfa, seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/6).

1. Kasus positif terbanyak di Pasar Metro Tanah Abang

10 Orang Positif COVID-19, Pasar Tanah Abang Mulai Ditutup BesokSuasana Pasar Tanah Abang di Tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Athif Aiman)

Sari Ulfa merinci, dari 10 orang yang kedapatan positif COVID-19 tersebut, sebanyak empat orang di antaranya berasal dari Pasar Metro Tanah Abang, sementara dua orang terkonfirmasi dari Pasar Blok A Tanah Abang.

"Kalau Blok F belum ada hasilnya, jadi masih menunggu," kata Sari.

2. Lima pasar di Tanah Abang ditutup sementara

10 Orang Positif COVID-19, Pasar Tanah Abang Mulai Ditutup BesokSuasana Pasar Tanah Abang di Tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Athif Aiman)

Berdasarkan peristiwa itu, lima pasar itu akan ditutup mulai Rabu (1/7) hingga Jumat (3/7). Penutupan diperlukan karena kelima pasasr tersebut akan disemprot disinfektan guna mensterilkan pusat perbelanjaan tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Kita akan tutup tanggal 1 Juli 2020, hari Rabu. Pokoknya hari ini saya kirimkan surat ke mereka, besok dasarnya mereka sosialisasi dari surat saya, Rabu baru ditutup selama tiga hari," kata Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu saat dihubungi terpisah.

3. Ada 11.237 kasus COVID-19 di Jakarta

10 Orang Positif COVID-19, Pasar Tanah Abang Mulai Ditutup BesokDirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa hingga Senin (29/6) terdapat 55.092 kasus positif di Indonesia. Di Jakarta sendri terdapat 11.237 orang terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Resep Membuat Mie Yamin, Rasanya Lebih Enak dari Punya Abang-abang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya