Artis Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Anak di Hotelnya

Muncikari dan pengelola hotel juga jadi tersangka

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus prostitusi anak di bawah umur yang ditawarkan secara online. Salah satu yang menjadi tersangka adalah artis Cynthiara Alona.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengungkapkan Cynthiara Alona merupakan pemilik hotel yang menjadi lokasi prostitusi.

"Saudari CCA pemilik hotel. CCA adalah salah satu publik figur yang mungkin teman-teman sudah tahu semuanya, dia adalah pemilik hotel langsung. Nama hotelnya nama belakang tersangka ini," kata Yusri di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

1. Mucikari dan pengelola hotel juga ditangkap

Artis Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Anak di HotelnyaKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Baca Juga: 10 Potret Cynthiara Alona, Artis Take Me Out Kini Terjerat Prositusi

Kemudian, Yusri menjelaskan, dua tersangka lainnya adalah DA dan AA. DA diduga berperan sebagai muncikari dan AA merupakan pengelola hotel yang mengetahui adanya prostitusi.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat pasal berlapis dengan ancaman 10 tahun penjara. Salah satunya Pasal 88 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

2. Saat penggerebekan ada 43 orang diamankan

Artis Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Anak di HotelnyaIlustrasi tersangka kriminalitas. IDN Times/Zainul Arifin

Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari penggerebekan Hotel Alona di Kreo, Kota Tangerang, pada Selasa (16/3/2021). Penggerebekan dilakukan karena ada dugaan telah terjadi prostitusi di hotel tersebut.

Dalam penggerebekan, polisi mengamankan sekitar 43 orang. Akan tetapi, dari jumlah tersebut, akhirnya hanya tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

3. Polisi sita uang Rp550 ribu, kondom hingga kuitansi hotel

Artis Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Anak di HotelnyaKepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dari penggerebekan itu, Yusri mengatakan, petugas menyita sejumlah barang bukti yang diduga terkait dengan kasus prostitusi. Di antaranya uang tunai Rp550 ribu, kondom, handphone, dan bukti pembayaran hotel.

"Modusnya para pelaku menawarkan wanita di bawah umur dengan menggunakan aplikasi media sosial untuk mendapat keuntungan ekonomi," jelasnya.

Baca Juga: Model yang Terjerat Kasus Prostitusi, Ini 10 Potret Cynthiara Alona

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya