Penjelasan KPK soal Insiden Anak Amien Rais dengan Wakil Ketua Nawawi 

Nawawi mengingatkan Mumtaz demi keselamatan semua penumpang

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara terkait insiden antara Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Gorontalo-Makassar-Jakarta pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Nawawi pada saat itu sedang melakukan perjalanan dinas ke Gorontalo, untuk melaksanakan kegiatan koordinasi pemberantasan korupsi dengan APH dan APIP.

"Dilaksanakan pada 9 Agustus sampai 12 Agustus 2020," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Faisal Basri: Bukannya Diperkuat, KPK Justru Sudah Mau Dikubur

1. Mumtaz tak mengindahkan peringatan awak kabin

Penjelasan KPK soal Insiden Anak Amien Rais dengan Wakil Ketua Nawawi Mumtaz Rais dan Nawawi Pomolango. (IDN Times/ Berbagai sumber)

Pada Rabu 12 Agustus lalu, Nawawi kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Saat itu, pesawat transit di Makassar untuk mengisi bahan bakar.

"Pada saat pesawat mengisi bahan bakar, pramugari sudah mengingatkan beberapa kali secara langsung ataupun secara umum melalui pengeras suara agar para penumpang tidak berjalan, serta tidak menggunakan alat komunikasi dan seterusnya," ucap Ali.

Peringatan dari awak kabin rupanya tak diindahkan oleh Mumtaz. Putra Amien Rais itu masih melakukan komunikasi lewat ponsel miliknya. Sementara itu, ada kendaraan pengisi bahan bakar yang tak jauh dari pesawat.

Dengan pertimbangan keselamatan seluruh penumpang, Nawawi mengingatkan kepada yang bersangkutan untuk mematuhi aturan yang berlaku di penerbangan.

"Namun, yang bersangkutan tidak merespons dan tetap bicara melalui telepon. Nawawi kembali ke kursi, namun dikejutkan ketika penumpang yang diingatkan tadi justru kemudian mengatakan 'kamu siapa?. Hal ini dijawab Nawawi 'saya penumpang pesawat ini dan oleh karenanya wajib mengingatkan sesama demi keselamatan bersama'," kata Ali.

2. Mumtaz katakan dia bersama Wakil Ketua Komisi III DPR

Penjelasan KPK soal Insiden Anak Amien Rais dengan Wakil Ketua Nawawi Ahmad Mumtaz Rais. IDN Times/Siti Umaiyah

Perkataan Nawawi enggan diindahkan oleh Mumtaz. Hingga akhirnya terucap salah satu kalimat yang kurang lebih mengatakan bahwa ia bersama Wakil Ketua Komisi III DPR.

"Atas jawaban tersebut, kemudian Nawawi merespons bahwa ini adalah kewajiban kita sesama penumpang untuk mengingatkan demi keselamatan bersama. Tidak ada hubungannya dengan posisi sebagai pejabat di mana pun, termasuk di DPR RI," ucap Ali.

3. Nawawi sayangkan Mumtaz tak mengindahkan keselamatan bersama

Penjelasan KPK soal Insiden Anak Amien Rais dengan Wakil Ketua Nawawi Ahmad Mumtaz Rais dan Nawawi Pomolango (IDN Times/Siti Umaiyah/ANTARA FOTO/Aditya Putra)

Nawawi menyayangkan sikap Mumtaz yang merupakan wakil rakyat tak mematuhi peringatan. Di sisi lain, mitra kerja di Komisi III DPR RI adalah orang-orang yang memahami hukum dan tidak akan bersifat arogan karena membela sebuah pelanggaran.

"Apalagi mengingatkan penumpang lain yang menelepon saat pesawat mengisi bahan bakar adalah demi keselamatan bersama seluruh penumpang," tuturnya.

Ali menyampaikan, Nawawi tak memiliki masalah personal dengan Mumtaz. Namun, langkah Nawawi dilakukan untuk kepentingan bersama demi keselamatan seluruh penumpang.

"Kemudian, Nawawi mengatakan kalau begitu nanti setelah di bandara saya akan menginformasikan hal ini pada petugas yang berwenang di bandara. Setelah turun di Bandara Soekarno-Hatta kemudian Nawawi memberikan informasi adanya kejadian tersebut kepada Kapospol Terminal 3F," tambah Ali.

Baca Juga: Mumtaz Rais Pede Dirinya yang Paling Populer di Sleman 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya