Mulai 24 April Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi

Daop 1 Jakarta tidak beroperasi kecuali KA angkutan barang

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan operasional perjalanan Kereta Api (KA), seiring dengan kebijakan pemerintah, yang resmi memberlakukan larangan mudik di masa pandemik untuk menekan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Di area Daop 1 Jakarta mulai Jumat, 24 April 2020, seluruh keberangkatan dan kedatangan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal tidak beroperasi.

1. Sebanyak 70 perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta dibatalkan

Mulai 24 April Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tidak BeroperasiDok.IDN Times/Istimewa

KA Jarak Jauh yang tidak beroperasi merupakan kereta dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

Total terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan. Sebanyak 67 KA di antaranya merupakan KA reguler dan tiga KA lainnya merupakan KA tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur.

Mulai 24 April Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: PSBB Mulai Berlaku di Tangerang Raya, Penumpang KRL Turun Drastis

2. Sebanyak 31 perjalanan KA lokal di area Daop 1 dibatalkan

Mulai 24 April Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tidak BeroperasiDok.IDN Times/Istimewa

Sementara, perjalanan KA Lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan, terdapat 31 perjalanan dengan rincian enam KA Pangrango (relasi Bogor-Sukabumi PP), 12 KA Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak PP), enam KA Walahar (Tanjung Priuk- Purwakarta PP), empat KA Jatiluhur (Tanjung Priuk-Cikampek PP), dan tiga KA Siliwangi (Sukabumi-Ciranjang).

“Calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut,” kata Kepala Humas KAI Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4).

"Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri, melalui aplikasi KAI access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk," dia melanjutkan.

Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan, dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal, hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer.

3. Berikut stasiun yang melayani pembatalan tiket

Mulai 24 April Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tidak BeroperasiDok.IDN Times/Istimewa

Berikut stasiun yang buka setiap Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB:

1. Stasiun Gambir
2. Stasiun Pasar Senen
3. Stasiun Jakarta Kota
4. Stasiun Bogor Paledang
5. Stasiun Cikampek
6. Stasiun Rangkasbitung
7. Stasiun Serang
8. Stasiun Bekasi.

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Jam Operasional Kereta Api Jarak Jauh Dikurangi

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya