Comscore Tracker

KA Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi Mulai 24 April!

Cek daftar perjalanan KA yang dibatalkan guys~

Jakarta, IDN Times - Mulai 24 April 2020, Pemerintah pusat melarang mudik bagi warga yang berasal dari zona merah dan daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena wabah COVID-19. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan operasional perjalanan Kereta Api (KA). 

Di area Daop 1 Jakarta mulai Jumat, 24 April 2020, seluruh keberangkatan dan kedatangan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal tidak beroperasi.

1. PT KAI batalkan 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta

KA Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi Mulai 24 April!Dok.IDN Times/Istimewa

KA Jarak Jauh yang tidak beroperasi merupakan kereta dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

Total terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan. Sebanyak 67 KA di antaranya merupakan KA reguler dan tiga KA lainnya merupakan KA tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur.

Baca Juga: [FOTO] Banten KLB, Terminal dan Stasiun di Serang Sepi 

KA Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi Mulai 24 April!(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: PSBB Mulai Berlaku di Tangerang Raya, Penumpang KRL Turun Drastis

2. PT KAI juga membatalkan 31 perjalanan KA lokal di area Daop 1

KA Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi Mulai 24 April!Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara, perjalanan KA Lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan, terdapat 31 perjalanan dengan rincian enam KA Pangrango (relasi Bogor-Sukabumi PP), 12 KA Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak PP), enam KA Walahar (Tanjung Priuk- Purwakarta PP), empat KA Jatiluhur (Tanjung Priuk-Cikampek PP), dan tiga KA Siliwangi (Sukabumi-Ciranjang).

“Calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut,” kata Kepala Humas KAI Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4).

"Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri, melalui aplikasi KAI access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk," dia melanjutkan.

Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan, dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal, hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer.

3. Berikut stasiun yang melayani pembatalan tiket

KA Jarak Jauh dan Lokal Tidak Beroperasi Mulai 24 April!Dok.IDN Times/Istimewa

Berikut stasiun yang buka setiap Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB:

1. Stasiun Gambir
2. Stasiun Pasar Senen
3. Stasiun Jakarta Kota
4. Stasiun Bogor Paledang
5. Stasiun Cikampek
6. Stasiun Rangkasbitung
7. Stasiun Serang
8. Stasiun Bekasi.

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Jam Operasional Kereta Api Jarak Jauh Dikurangi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya