1 Orang Tenaga Medis di Kota Serang Positif COVID-19  

Total bertambah menjadi enam kasus

Kota Serang, IDN Times - Jumlah kasus positif corona atau COVID-19 di Kota Serang, Banten, bertambah dua orang. Sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif corona sebanyak enam kasus di Kota Serang hingga Minggu (3/5).

Satu dari dua pasien baru, merupakan tenaga medis di sebuah rumah sakit swasta di Kota Serang berinisial AM (53). Pria ini merupakan warga Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang.

Baca Juga: Tertular Suami yang Pulang dari Jakarta, Ibu di Serang Positif Corona

1. Diduga terpapar di tempat kerja

1 Orang Tenaga Medis di Kota Serang Positif COVID-19  Petugas medis memberikan tanda cinta dari dalam ruang perawatan pasien COVID-19 yang baru saja diluncurkan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kota Serang, Hari Pamungkas mengatakan, dugaan sementara yang bersangkutan terpapar COVID-19 di rumah sakit tempatnya bekerja. Apalagi bidang kerjanya di pencegahan infeksius, meski rumah sakitnya bukan tempat rujukan COVID-19. 

Sebelum dinyatakan positif corona, AM merupakan orang dalam pemantauan (ODP). "Untuk pasien yang tenaga medis kemungkinan terpapar di tempat kerja," tegas Hari.

2. Tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri

1 Orang Tenaga Medis di Kota Serang Positif COVID-19  Dua orang paramedis saling membantu dalam mengenakan pakaian dan alat pelindung diri (APD) sebelum bertugas menangani pasien COVID-19 di Ciputra Hospital, Jakarta, Kamis (30/4/2020) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

AM merupakan pasien positif virus corona tanpa gejala atau OTG, setelah uji sampel swab membuktikan. AM pun menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan dari Ketua RT dan Puskesmas terdekat.

3. Pasien lain kasus impor dari Jakarta

1 Orang Tenaga Medis di Kota Serang Positif COVID-19  Ilustrasi tenaga medis yang menangani pasien COVID-19. IDN Times/Daruwaskita

Sementara pasien lain, AT (37) asal Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, mengalami gejala demam setelah bepergian dari DKI Jakarta. Ia pun mengikuti pemeriksaan swab dan dinyatakan positif terpapar COVID-19.

"AT sedang dirawat di RS Dradjat Prawiranegara untuk proses MCU ulang, dan akan dirawat di sana. Tapi kondisinya baik-baik saja,” kata Hari.

Kasus positif COVID-19 di Kota Serang sudah mencapai enam orang. Tiga di antaranya masih dirawat, dua telah dinyatakan sembuh, dan satu orang telah meninggal dunia. 

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya