124 Gardu Listrik Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang di Lebak

Listrik di tiga kecamatan padam

Banten, IDN Times - Sebanyak 124 gardu listrik rusak akibat bencana banjir bandang dan longsor yang melanda lima Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. Pemadaman listrik terjadi di kecamatan Cipanas, Cimuncang dan Sajira.

Manager PLN UP 3 Banten Selatan Sumarsono mengatakan, bencana banjir dan longsor ini membuat tiga persen gardu listrik di Banten Selatan padam.

"Bencana banjir kali ini di kecamatan Cipanas dan sekitarnya kita ada 124 yang saat ini padam," kata Sumarsono di lokasi kejadian, Rabu (1/1).

1. Tiang listrik tumbang penyebab gardu listrik padam

124 Gardu Listrik Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang di LebakIDN Times/khaerul anwar

Menurut Sumarsono, pemadaman gardu listrik yang membuat tiga kecamatan tidak ada penerangan tersebut lantaran tiang listrik tumbang terkena longsor.

"Padam mulai jam 8 tadi kita sudah mulai mengamankan jaringan kita yang awalnya gardu nyala karena cuaca kurang bagus kita padamkan jadi totalnya 124 saat ini," katanya.

Baca Juga: Seorang Bocah dan Nenek Tertimbun Longsor di Gunung Halimun Salak

2. PLN sedang melakukan perbaikan gardu listrik yang rusak

124 Gardu Listrik Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang di LebakIDN Times/khaerul anwar

Saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan di sejumlah gardu listrik dan tiang listrik yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir dan longsor. Total sebanyak 5 tiang listrik yang tumbang dan sedang diperbaiki.

"Setelah jalan dibetulkan kita akan melakukan perbaikan. Ada tiang yang perlu kita ganti, kita langsung ganti," katanya.

3. Bupati Iti sebut banjir bandang di Lebak akibat Gunung Halimun gundul

124 Gardu Listrik Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang di LebakBupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya mengatakan, penyebab banjir bandang yang menimpa wilayahnya akibat bukan hanya disebabkan luapan sungai melainkan disebabkan juga gundulnya kawasan Taman Nasional Gunung Halimun–Salak (TNGHS).

Untuk diketahui, lima kecamatan yang dilanda banjir bandang berbatasan dengan Jawa Barat.

"Bukan hanya luapan sungai, di sini kan kawasan TNGHS, kondisi vegetasi hutannya sudah tak ada tanaman yang kuat, hujan semalam saja sudah begini," katanya.

Pemerintah Kabupaten Lebak akan melakukan melaporkan kondisi gundulnya kawasan Gunung Halimun, Bogor, Jawa Barat yang menyebabkan bencana tersebut ke pemerintah pusat.

"Nanti kita akan koordinasi dengan stakeholder lainnya, akan foto udara untuk dilaporkan ke pemerintah pusat bagaimana upaya kita bersama, bagaimana penanganan supaya tidak terjadi bencana berikutnya," katanya.

Baca Juga: Banjir Bandang di Lebak, 5 Desa Terisolir Butuh Bantuan Logistik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya