2020 Belum Sebulan, 17 Anak di Kota Serang Jadi Korban Pencabulan

Pelaku pencabulan kebanyakan ialah orang-orang terdekat

Banten, IDN Times - Dinas Perberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang mencatat selama awal tahun tahun 2020 sudah 17 anak di bawah umur menjadi korban kekerasan seksual di Kota Serang, Banten.

"Pelecehan seksual terhadap anak awal tahun ini di Januari 2020 dari 2 kasus, sudah ada 17 anak yang jadi korban di Kota Serang," kata kepala DP3AKB Kota Serang, Toyalis, Rabu (29/1).

1. Pelaku merupakan orang terdekat

2020 Belum Sebulan, 17 Anak di Kota Serang Jadi Korban PencabulanTR, bocah 12 tahun korban pencabulan, kini terdiagnosa terkena Kanker Rectum Stadium 4 (Dok. Istimewa)

Toyalis mengatakan mayoritas pelaku kekerasan terhadap anak merupakan orang-orang terdekat dari korban, mulai dari keluarga hingga tetangga. Sebanyak 17 anak yang menjadi korban kekerasan seksual yakni terjadi di Kecamatan Serang dan Kecamatan Walantaka.

"Yang menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap anak rata-rata orang terdekat, orang sekitaran lokasi kejadian, dan yang terjadi terakhir ini malahan pelakunya sudah tua. Faktornya mungkin mereka mempunyai penyimpangan lebih selera pada anak-anak atau moral mereka sudah rusak," katanya.

Baca Juga: 8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kekerasan Seksual

2. Kekerasan seksual terhadap anak di Kota Serang sudah kategori luar biasa

2020 Belum Sebulan, 17 Anak di Kota Serang Jadi Korban PencabulanIlustrasi pelecehan seksual. IDN Times/Sukma Shakti

Melihat jumlah korban kekerasan seksual yang sudah mencapai hampir 20 anakdalam waktu belum genap satu bulan, Toyalis menyebut kondisi di Kota Serang sudah masuk kategori kejadian luar biasa.

"Ini luar biasa, baru 1 bulan di tahun 2020 ini saja sudah ada 17 Anak jadi korban kekerasan seksual di Kota Serang, padahal, tahun lalu 2019 saja dikita cuma 43 kasus yang terjadi, dengan rincian 35 kasus kekerasan terhadap anak dan sisanya kekerasan rumah tangga pada perempuan atau KDRT," katanya.

3. Orang tua diminta tingkatkan pengawasan

2020 Belum Sebulan, 17 Anak di Kota Serang Jadi Korban PencabulanIDN Times/Yuda Almerio

Hingga saat ini, kata dia, Pemerintah Kota Serang tengah berusaha melakukan sosialisasi terhadap para orangtua untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak.

"Kita sudah gencar lakukan sosialisasi saat ini alhamdulillah mereka para korban sudah pada melaporkan terkait yang dialaminya pada kami,” katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jadi Korban Kekerasan Seksual Orang Tak Dikenal, Yuk Simak Kisah Ini!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya