Banyak Sekolah di Lebak Hanyut, Pemerintah Bangun Sekolah Darurat 

Pembangunan sekolah darurat akan libatkan Kementerian PUPR

Banten, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meminta Pemerintah Kabupaten Lebak mencari lahan untuk pembangunan sekolah sementara.

Akibat bencana banjir bandang dan longsor yang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. Sejumlah sekolah hanyut terseret banjir.

"Kemudian juga tadi saya sudah minta untuk mencari lahan untuk membangun sekolah darurat sementara," kata Muhajir saat meninjau lokasi korban banjir di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (4/1).

1. Pembangunan sekolah darurat akan libatkan Kementerian PUPR

Banyak Sekolah di Lebak Hanyut, Pemerintah Bangun Sekolah Darurat IDN Times/khaerul anwar

Muhajir mengatakan, untuk rancangan pembangunan sekolah darurat akan, pihaknya akan meminta bantuan dari Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR).

Dia menilai sekolah darurat tersebut akan bertahan hingga tiga tahun ke depan dan bisa menjadi solusi sementara agar anak-anak yang menjadi korban banjir tetap bisa sekolah.

"Walaupun namanya darurat kebencanaan tapi bisa digunakan untuk dua atau tiga tahun, itu solusi untuk sekolah yang hilang tadi, ada satu SD ada satu SMP," katanya.

2. Pesan Presiden: Anak-anak harus tetap belajar

Banyak Sekolah di Lebak Hanyut, Pemerintah Bangun Sekolah Darurat IDN Times/khaerul anwar

Meski dalam kondisi bencana, Muhajir menyampaikan, Presiden meminta agar anak-anak tetap belajar karena jika anak tidak belajar cukup lama akan susah mengembalikan keinginan bersekolah.

"Pesan Pak Presiden, apa pun kondisinya, jangan sampai anak tidak belajar. Karena kalau anak tidak belajar cukup lama, untuk mengembalikan ke suasana belajar itu cukup susah. Sudah terbiasa main-main tidak terkendali, untuk mengembalikan ke proses belajar mengajar itu agak susah," katanya.

3. Pembanguan sekolah darurat dibarengi pembanguan jembatan sementara

Banyak Sekolah di Lebak Hanyut, Pemerintah Bangun Sekolah Darurat IDN Times/Khaerul Anwar

Pembangunan sekolah darurat akan dibarengi dengan pembangunan jembatan sementara karena sejumlah akses menuju lahan sekolah yang tidak terdampak banjir bandang terputus.

"Kalau ada akses jalanan tadi, anak- anak bisa di angkut untuk sekolah," katanya.

Baca Juga: Duka Ucum, Kehilangan Anak, Mantu dan 2 Cucu di Tengah Banjir Bandang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya