Hore! Tahun Ini Rute KRL Sampai Serang  

Pelaksanaan tinggal menunggu dokumen dari PT KAI

Banten, IDN Times - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) pada 2020 ini akan memperpanjang jalur ganda Kereta Rel Listrik (KRL) dari Rangkasbitung hingga stasiun Serang. Pemprov Banten hingga kini masih menunggu dokumen perencanaan dari PT KAI.

Untuk tahap awal, PT KAI akan membangun elektrifikasi perpanjangan jalur dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Serang.

1. Pemprov tinggal menunggu dokumen perencanaan dari PT KAI

Hore! Tahun Ini Rute KRL Sampai Serang  instagram.com/kyosaku_i

Kepala Biro Bina Infrastruktur dan Sumber Daya Air (SDA) Setda Pemprov Banten, Nana Suryana membenarkan akan adanya penambahan jalur duoble track untuk KRL dari Rangkas ke Serang. Namun, dirinya tidak bisa berbicara banyak karena belum mendapat dokuemen perencanaan dari PT KAI.

“Dokumen tersebut nantinya berisi posisi anggaran dan pembebasan lahan. Termasuk soal pelabaran jalur juga ada. Tapi sampai sekarang dokumennya belum saya terima,” kata Nana saat dikonfirmasi, Jumat (17/1).

2. Akan ada pelebaran lahan

Hore! Tahun Ini Rute KRL Sampai Serang  instagram.com/jalur5

Saat ditanya apakah akan ada pelebaran lahan , Nana mengaku, hal itu memungkinkan terjadi. Mengingat, jalur KA Rangkasbitung-Serang saat khususnya di beberapa titik tidak bisa dipaksakan untuk dibuat dua jalur.

“Kemungkinan ada. Tapi kita lihat kalau lahan KAI yah tinggal bangun. Kalau di atasnya ada bangunan tinggal ganti rugi saja. Tapi khusus di Walantaka nanti akan diusulkan di buat fly over. Tapi lagi-lagi kita masih nunggu dokumen resminya,” katanya.

3. KRL bisa dioperasikan meski tak berlajur double track

Hore! Tahun Ini Rute KRL Sampai Serang  pixabay.com/nuttanart

Sementara, Executive Vice Presiden PT KAI Daerah Operasi 1 Bidang Teknis dan Operasional Sofyan Hasan mengatakan, berdasarkan rencana kerja pihaknya ditargetkan ada penambahan jalur layanan KRL. Jika sebelumnya hanya sampai Stasiun Rangkasbitung, kini akan diperpanjang hingga Stasiun Serang.

“Jadi rencana KRL tahun depan sudah sampai Serang. Masyarakat Serang ke sini, (stasiun) Jambu, Catang dan lain lain bisa dilayani KRL,” ujarnya

Sofyan menjelaskan, kondisi rel kereta dari Stasiun Rangkasbitung hingga Serang yang masih satu lajur bukan suatu kendala. KRL masih bisa dioperasikan mesti lajur yang tak berbasis double track atau lajur ganda.

“Setahu saya trek yang ini akan diganti dulu semuanya. Enggak masalah satu track. Contoh, masih ada di kita di (Stasiun) Citeras sampai rangkas masih satu track, yang satu belum selesai, itu bisa dioperasikan,” jelasnya

 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya