Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  

Jalan ini bakal jadi jalur buat pemudik dengan sepeda motor

Serang, IDN Times - Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon yang menjadi akses utama menuju Pelabuhan Pelindo Ciwandan mulai diperbaiki. Sebelumnya, jalur ini rusak parah. 

Perbaikan ini hanya bersifat sementara sebelum dilakukan perbaikan permanen. "Jalan ini (JLS ini) harus selesai paling cepat 10 hari sebelum Lebaran, dan paling lambat 7 hari sebelum Lebaran," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat dikonfirmasi, Senin (3/4/2023).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah bakal menggunakan jalur Pelabuhan Ciwandan ini sebagai akses bagi pemudik dengan sepeda motor. 

Baca Juga: Akses Masih Jelek, Pengalihan Pemudik Motor ke Ciwandan Bisa Batal

1. Nantinya, pemudik motor bisa menyeberang ke Sumatra melalui Ciwandan

Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  Dok. Istimewa/IG Helldy Agustian

Sebelumnya, jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon itu  rusak parah dan dipenuhi lubang. Pengguna jalan juga kerap mengeluhkan minimnya penerangan di jalan tersebut.

Saat musim mudik lebaran tahun ini, jalan tersebut diprediksi menjadi salah satu jalur yang padat karena bakal dilintasi pemudik motor dan truk yang akan menyebrangi ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan.

"Intinya adalah tidak boleh ada yang berlubang agar supaya orang-orang yang pulang kampung itu lebih mudah," katanya.

2. Proyek perbaikan sementara itu hasil dari patungan industri

Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  Dok. Istimewa/IG Helldy Agustian

Oleh karena anggaran terbatas, Pemkot Cilegon menggandeng industri yang tergabung dalam Forum Industri Peduli JLS untuk sementara menambal jalan yang berlubang terlebih dahulu demi kenyamanan para pemudik.

Perbaikan JLS bersama para industri tersebut, lanjut Helldy, tidak hanya menambal jalan yang berlubang saja, melainkan juga meliputi perbaikan jembatan yang rawan menyebabkan kecelakaan di sepanjang jalan tersebut.

"Karena memang anggaran Pemkot Cilegon juga tidak maksimal, kami berupaya untuk menutupi semua lubang," katanya.

3. Perbaikan permanen bantuan dari pusat baru bisa dimulai bulan Mei

Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  Dok. Istimewa/IG Helldy Agustian

Menurut Helldy, sejatinya perbaikan JLS secara menyeluruh telah direncanakan oleh Pemkot Cilegon menggunakan anggaran yang akan dikucurkan oleh pusat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten. Lantaran pelaksanaannya baru bisa dimulai Mei 2023 mendatang, maka dilaksanakan perbaikan sementara.

"Kami sudah melakukan beberapa rapat melalui BPJN, kita dapat dana Inpres kurang lebih Rp127 miliar, itu baru terealisasikan di bulan Mei," katanya.

Baca Juga: Geliatkan Potensi Wisata Halal, Agen Perjalanan Targetkan Cilegon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya