Malam Pergantian Tahun, 500 Personel Polisi Disiagakan di Anyer

Mereka akan berpatroli menjaga keamanan lokasi wisata

Serang, IDN Times - Sebanyak 500 personel kepolisian disiagakan untuk mengamankan perayaan malam pergantian tahun di sepanjang pesisir pantai Anyer hingga Sawarna di Kabupaten Lebak. Mereka akan berpatroli menjaga keamanan lokasi wisata di Banten saat malam pergantian tahun baru nanti, terutama di wilayah Anyer dan sekitarnya.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan pengamanan saat malam pergantian tahun baru yakni penjagaan orang, barang dan lokasi kegiatan. Sehingga, diharapkan tidak terjadi kecelakaan laut, seperti orang tenggelam hingga kehilangan barang-barang berharga milik wisatawan.

"Kita akan fokus pengamanan pada objek wisata, baik di Anyer maupun di Sawarna, dan beberapa lokasi lainnya yang akan di kunjungi masyarakat yang wisata. Keberadaan kita disini wajib menghadirkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, jangan sampai ada masalah laka laut orang tenggelam, kemacetan atupun pencopetan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya," kata Edy, Minggu (29/12).

1. Sistem one way menuju jalur pantai Anyer diberlakukan jika lalin padat

Malam Pergantian Tahun, 500 Personel Polisi Disiagakan di AnyerIDN Times/Ayu Afria

Untuk jalur menuju pantai Anyer, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan. Sistem one way atau satu arah akan berlaku situasional saat libur tahun baru.

Jika kendaraan banyak yang mengarah dari Kota Cilegon ke wilayah Anyer, akan diutamakan kendaraan yang akan masuk ke Anyer. Kemudian kendaraan yang akan keluar Anyer menuju Kota Cilegon, akan disekat di Hotel Mandalika. Begitu pun sebaliknya.

"One way atau satu arah akan diberlakukan situasional. Tergantung kepadatan lalu lintas atau kendaraan mengarah kemana. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi arus lalu lintas yang stagnan atau macet total, yang penting roda kendaraan tetap berputar," katanya.

Baca Juga: Kisah Menegangkan Penjual Nasi Uduk Selamat dari Tsunami Anyer

2. Wisatawan dihimbau tetap tertib berlalu lintas

Malam Pergantian Tahun, 500 Personel Polisi Disiagakan di AnyerIDN Times/khaerul anwar

Wisatawan diimbau mengutamakan keselamatan dan tertib saat berkendara, tidak memacu kendaraannya secara berlebihan dan lebih banyak bersabar. Karena saat libur tahun baru, kendaraan pasti akan lebih padat dibandingkan hari biasanya.

"Kita himbau agar pengendara dan wisatawan, tertib berlalu lintas, utamakan keselamatan dan lebih bersabar. Percayakan pada kita (polisi) untuk mengatur arus lalu lintas," tuturnya.

3. Jalur alternatif menuju Pantai Anyer

Malam Pergantian Tahun, 500 Personel Polisi Disiagakan di AnyerInstagram/explore serang

Wisatawan yang hendak menuju Pantai Anyer merayakan malam pergantian tahun bisa menggunakan jalur alternatif dengan keluar Gerbang Tol (GT) Serang Barat, kemudian menuju Kota Serang. Kemudian di pertigaan lampu merah Kepandean, bisa berbelok ke kanan hingga menemui perempatan lampu merah Mako Brimob Polda Banten.

Dari perempatan tersebut, pengendara bisa mengambil atau kanan atau mengarah ke Taktakan, lurus saja dan bisa keluar di Pasar Anyer. Melewati jalur ini, wisatawan akan membelah Gunung Sari, kanan kirinya masih asri ditumbuhi lebatnya pepohonan. Bahkan jika sedang musim durian, bisa berwisata durian lokal dari perkebunan warga.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 5 Tips Penting yang Harus Diketahui sebelum Pergi ke Pantai Anyer

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya