RSUD Banten Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Terjangkit Virus Corona

RSUD Banten siagakan 16 dokter

Banten, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten menyiapkan satu ruang isolasi untuk menangani korban virus corona atau novel coronavirus (nCoV). Ruangan ini disediakan Pemprov Banten untuk menghadapi virus tersebut.

Hingga saat ini belum ada informasi warga Banten ada yang terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa Aceh Terjebak di Wuhan, Gubernur: Aman dari Virus Corona

1. Menyiapkan enam tempat tidur dalam satu ruangan isolasi

RSUD Banten Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Terjangkit Virus CoronaPetugas Rumah Sakit Umum Moehamad Hoesin (RSMH) Palembang menyiapkan ruangan isolasi tekanan rendah di salah satu bagian RSMH Palembang, Sumsel, Senin (27/1/2020). (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Dirut RSUD Banten Danang Hamsah Nugroho mengatakan, untuk pelayanan korban terjangkit virus corona, pihaknya menyediakan enam tempat tidur dalam satu ruangan isolasi

"Belum ada (terjangkit virus corona). Ada enam tempat tidur di dalam satu ruangan isolasi. Dokter umum UGD kita sosialisasikan, dokter spesialis paru kita siagakan," katanya saat dikonfirmasi, Senin (27/1).

2. RSUD Banten siagakan 16 dokter

RSUD Banten Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Terjangkit Virus CoronaFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Danang menyampaikan, rumah sakit milik Pemprov Banten itu menyiagakan 16 dokter. Di antaranya, 14 dokter umum dan 2 dokter spesialis paru-paru. Mereka akan siaga 24 jam jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pelayanan.

"Semua dokter kita sosialisasikan dan siap siaga. Dokter ada 16 yang kita siapkan. (Virus corona) Kayanya menyerang paru-paru. Kalau Banten belum dengar (ada yang terjangkit)," katanya.

3. Virus corona telah menyebar ke sejumlah negara

RSUD Banten Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Terjangkit Virus CoronaIDN Times/Arief Rahmat

Virus Corona atau Novel coronavirul (2019-nCoV) telah menyebar ke berbagai negara, seperti Kanada, Australia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Amerika, Australia hingga Thailand.

Ciri-cirinya orang yang terjangkit mengalami demam, batuk, dan sulit bernafas. Sejauh ini, virus corona telah menewaskan 80 orang di Tiongkok dan lebih dari 2.700 orang terinfeksi.

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya