Sulitnya Menutup Tambang Ilegal di Gunung Halimun Salak, Ada Apa? 

Saat ditertibkan, ribuan warga menghadang dengan senjata

Banten, IDN Times - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten mengaku kesulitan melakukan penertiban pertambangan ilegal atau gurandil di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Dinas ESDM mencatat ada 100 lebih tambang ilegal yang beroperasi di TNGHS. Tambang tersebut dikelola oleh warga setempat di sekitar Gunung Halimun Salak.

1. Pernah coba ditertibkan 2003 namun gagal

Sulitnya Menutup Tambang Ilegal di Gunung Halimun Salak, Ada Apa? Ilustrasi lubang bekas galian tambang (IDN Times/Surya Aditya)

Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Eko Palmadi mengatakan, pihaknya pernah mencoba melakukan penertiban bersama pihak kepolisian pada 2003 lalu namun gagal.

"Kita membawa polisi, bawa tentara, bawa satpol PP, begitu datang ke sana ada ribuan orang menghadang," kata Eko kepada wartawan, Rabu (8/1).

Baca Juga: Jokowi Minta Gubernur dan Bupati Hentikan Penambang Ilegal di Lebak

2. Ribuan warga menghadang membawa senjata tajam

Sulitnya Menutup Tambang Ilegal di Gunung Halimun Salak, Ada Apa? pekerja tambang emas (IDN Times/Harry Siswoyo)

Pada saat hendak dilakukan penertiban, ribuan warga datang menghadang dengan membawa senjata tajam. Bahkan, warga mengancam akan membakar mobil petugas. Kondisi ini membuat petugas terdesak dan menarik pasukan.

"Menghadang bawa golok, ada yang mau bakar mobil. Terus bagaimana coba, ditembakin jadi masalah, HAM urusannya, terus mau diapain coba," katanya.

3. Jokowi minta pertambangan ilegal segera distop

Sulitnya Menutup Tambang Ilegal di Gunung Halimun Salak, Ada Apa? Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke salah satu daerah di Lebak, Banten (Instagram.com/jokowi)

Pada saat melakukan kunjungan ke lokasi terdampak banjir bandang dan longsor di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa (7/1). Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Banten dan Bupati Lebak menutup tambang liar yang diduga menjadi penyebab bencana banjir di Lebak

"Dan yang di Lebak kita lihat memang ini karena perambahan hutan karena menambang emas secara ilegal tadi saya sudah sampaikan ke pak gub ke bu bupati agar ini dihentikan gak bisa lagi," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Tuding Penambangan Emas Ilegal Pemicu Bencana di Lebak 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya