Tinjau Korban Banjir di Lebak, Menko PMK Cek Penyaluran Bantuan

Diutamakan pelayanan kesehatan dan kebutuhan pokok

Banten, IDN Times - ‎Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau korban bencana banjir bandang dan longsor di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (4/1).

Ditemani Kepala BNPB Doni Monardo, Menko PMK meninjau beberapa lokasi terdampak banjir mulai melihat kondisi sungai Ciberang dan sekolah SD dan SMP yang hancur disapu banjir kampung Buluhen.

1. Menko pastikan kebutuhan dasar korban banjir tercukupi

Tinjau Korban Banjir di Lebak, Menko PMK Cek Penyaluran BantuanIDN Times/khaerul anwar

Muhajir mengatakan, dalam penanganan pertama harus dipastikan bahwa para korban bencana banjir harus mendapatkan pelayanan dasar. Terutama, kebutuhan kesehatan, makan sehari-hari dan tempat penampungan sementara yang layak.

"Oleh karena itu di samping tadi sudah melibatkan dinas di tingkat kabupaten, provinsi saya juga meminta dari pemerintah pusat juga dari kementerian terkait, untuk ikut ramai ramai membantu bersama. Semakin banyak yg terlibat, saya kira akan semakin bagus semangat gotong royong," katanya.

2. Membangun akses jembatan dan permukiman sementara

Tinjau Korban Banjir di Lebak, Menko PMK Cek Penyaluran BantuanIDN Times/khaerul anwar

Setelah selesai penanganan kebutuhan dasar, lanjut Muhajir, baru akan mulai pembangunan permukiman sementara untuk korban terdampak banjir dan membangun akses jembatan yang terputus diterjang banjir.

"Kemudian kita akan memikirkan yang lebih, misalnya pemukiman, akses (jembatan)," katanya.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Satu Keluarga Meninggal Tertimbun Longsor di Lebak

3. Membangun jembatan sementara untuk menyambung akses terputus

Tinjau Korban Banjir di Lebak, Menko PMK Cek Penyaluran BantuanIDN Times/khaerul anwar

Berdasarkan data yang dihimpun ada tiga jembatan yang menyambungkan jalan utama terputus sehingga harus cepat dibangun untuk membuka daerah-daerah terisolir. Pihaknya akan meminta kepada Panglima TNI untuk membangun jembatan sementara.

"Kepala BNPB sudah berinisiatif akan minta bantuan dari panglima TNI, dari zeni bangunan untuk membangun jembatan sementara yang bisa dilalui. Paling tidak ada tiga yg dibutuhkan. Karena kalau menunggu proses dari kementrian agak lama, kalau dari TNI sudah ada, biasanya untuk perang sudah ada jembatan yg dibangun dalam waktu yang singkat, sehingga bisa dilalui oleh masyarakat, sehingga akses keluar teratasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri PMK dan Kepala BNPB memberikan sejumlah bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Lebak dan Tim Sar Gabuangan 

Baca Juga: Korban Meninggal Akibat Banjir Bandang di Lebak Bertambah 7 Orang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya