Comscore Tracker

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928

Dari sastrawan hingga tokoh berdarah Tionghoa

Jakarta, IDN Times - Pada 92 tahun lalu, ada momen dengan nilai sejarah penting terkait kepemudaan. Saat ini, kita memperingatinya sebagai Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda diperingati pasca-pelaksanaan Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut adalah gerakan pemuda Indonesia yang melahirkan buah-buah keputusan yang memuat ikrar terwujudnya cita-cita berdirinya Indonesia. Penting bagi generasi muda mengenal tokoh-tokoh Sumpah Pemuda, agar memberikan inspirasi dan membangkitkan semangat kepemudaan sekarang ini. 

Salah satu tokoh itu adalah kakek dari aktris Dian Sastro. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Soegondo Djojopoespito

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Ganang Aditama

Soegondo lah yang memimpin Kongres Pemuda II. Di kongres itulah Indonesia Raya dan Sumpah Pemuda dikumandangkan pertama kali. .

Atas jasanya, pria kelahiran Tuban, Jawa Timur, ini dianugerahi  Tanda Kehormatan Republik Indonesia: berupa Bintang Jasa Utama pada tahun 1978. Selain itu, ia juga mendapat Satya Lencana Perintis Kemerdekaan pada tahun 1992.

Namanya juga diabadikan di Gedung Pertemuan Pemuda sebagi Wisma Soegondo Djojopoespito Cibubur oleh pihak Kemenpora pada 12 Juli 2012.

2. Muhammad Yamin

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Muhammad Yamin merupakan salah satu pencetus Kongres Pemuda II. Kala itu, dia menjabat sebagai sekretaris. 

Pria kelahiran Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat ini juga merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia dan pelopor Sumpah Pemuda.

Atas jasa dan prestasinya, Yamin dianugerahi berbagai tanda jasa, seperti Bintang Mahaputra RI, Tanda penghargaan dari Corps Polisi Militer sebagai pencipta lambang Gajah Mada dan Panca Darma Corps,  Tanda penghargaan Panglima Kostrad atas jasanya menciptakan Pataka Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, hingga menjadi pahlawan nasional. 

3. Soenario Sastrowardoyo

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928(Museum Sumpah Pemuda di Jakarta) ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Soenario Sastrowardoyo adalah penasihat Kongres Pemuda II. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur tersebut merupakan kakek dari selebritas kondang tanah air, Dian Sastrowardoyo atau lebih dikenal dengan Dian Satro.

Semasa hidupnya, ia aktif menjadi pengacara dan menjadi aktivis yang banyak berurusan dengan para politisi Hindia Belanda.

Dalam Kongres Pemuda II, dia menjadi pembicara dengan makalah "Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia".

Baca Juga: Sosok-sosok Perempuan Tangguh di Balik Sumpah Pemuda

4. Wage Rudolf Soepratman

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Nama WR Soepratman mungkin lebih dikenal dengan lagu ciptaannya Indonesia Raya, namun ternyata ia juga aktif dalam Kongres Pemuda II.

Pada momen sejarah pergerakan pemuda ini, ia memperdengarkan lagu Indonesia Raya dengan memainkan biola. Penggunaan biola dilakukan karena Kongres Pemuda II kala itu dijaga polisi Hindia Belanda.

5. Sie Kong Liong

Termasuk Kakek Dian Sastro,  Ini Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 1928Museum Sumpah Pemuda (Wikipedia.org/NaidNdeso)

Ya, kamu bisa menebak dari namanya. Sie Kong Liong adalah sosok berdarah Tionghoa. Dia merelakan pemondokan miliknya untuk dijadikan tempat berkumpul dan menyelenggarakan Kongres Sumpah Pemuda II.

Kini pemondokan tersebut menjadi Museum Sumpah Pemuda. Pemondokan tersebut dijadikan museum oleh Pemda DKI Jakarta pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, setelah dipugar dan diresmikan pada 3 April hingga 20 Mei 1973.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fakta-fakta Tentang Sejarah Sumpah Pemuda 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya