Comscore Tracker

Mengapa KPK Lepaskan Istri Edhy Prabowo?

KPK sempat tangkap 17 orang di Bandara Soetta

Jakarta, IDN Times - Dalam operasi tangkap tangan terhadap Edhy Prabowo, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengamankan istri Edy bernama IIs Rosita Dewi. Namun, Iis kemudian diepaskan dan tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Keputusan KPK melepaskan Iis bukan tanpa alasan. Menurut KPK dalam gelar perkara, Iis tidak termasuk sebagai tersangka.

"Karena dari profiling kami tidak masuk, jauh dari rangkaian gambar tadi," kata Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto pada Kamis (26/11/2020) dini hari.

Baca Juga: [BREAKING] Edhy Prabowo Ditangkap Bersama Istri

1. Edhy Prabowo dan enam orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka

Mengapa KPK Lepaskan Istri Edhy Prabowo?KPK tangkap Menteri Edhy Prabowo (Youtube/KPK)

Dalam kasus dugaan suap terkait ekspor benih lobster,  KPK menetapkan tujuh orang tersangka. 

"Komisi Pemberantasan Korupsi sampai saat menggelar konferensi pers ini sebelumnya telah melakukan gelar perkara, pimpinan dan satgas dan deputi penindakan, dalam gelar perkara itu disimpulkan bahwa sejauh ini baru yang tujuh orang yang kami sebutkan tadi yang memenuhi pembuktian," ujar Wakil ketua KPK Nawawi Pomolango dalam kesempatan yang sama.

"Minimal pembuktian dua alat bukti sejauh ini baru yang tujuh orang itu saja," sambung dia lagi.

Baca Juga: [BREAKING] Jadi Tersangka KPK, Edhy Prabowo Mundur sebagai Menteri

2. KPK tangkap Edhy Prabowo bersama 16 orang lainnya

Mengapa KPK Lepaskan Istri Edhy Prabowo?Edhy Prabowo melihat-lihat udang di tambak daerah Kuala Secapah, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Instagram.com/edhy.prabowo)

Penyidik KPK diketahui menangkap 17 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Edhy Prabowo terkait kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster pada Rabu (25/11/2020). Ke-17 orang ini ditangkap dari empat lokasi.

"Penangkapan dilakukan di empat lokasi yakni Bandara Soekarno-Hatta, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi," ujar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango, dalam konferensi pers virtual di akun Facebook KPK, Rabu (25/11/2020) malam.

KPK menetapkan tujuh tersangka sebagai penerima. Mereka adalah EP (Edhy Prabowo), SAF, APM, SWD, AF, AM. Sebagai pemberi adalah SJT.

3. KPK mulai penyelidikan sejak Agustus 2020

Mengapa KPK Lepaskan Istri Edhy Prabowo?Deputi Penindakan KPK, Karyoto (Dok. Humas KPK)

Karyoto menyebutkan penyelidikan terkait kasus ini dimulai sejak Agustus 2020. Pada waktu itu surat perintah penyelidikan dikeluarkan.

"Tentunya bulan Agustus ini bukan waktu yang singkat kita memprofiling, kemudian kita juga mengumpulkan informasi-informasi baik dari segala macam dengan teknologi maupun perbankan," ujar Karyoto.

"Ini semuanya kita olah, kita ramu, sehingga kita bisa membuat sebuah potret kejadiannya," lanjut dia.

Dalam penangkapan ke-17 orang tersebut, KPK menyita sejumlah barang bukti. Mulai dari tas LV, tas Hermes, hingga jam Rolex.

Baca Juga: [BREAKING] Edhy Prabowo Ditangkap, KPK Sita Jam Rolex dan Tas Hermes

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya