Mendikbud Nadiem: Sekolah Tatap Muka Tak Perlu Tunggu Sampai Juli

Siapa yang sudah gak sabar ke sekolah?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan, aturan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri sudah berlaku.

Artinya, sekolah tak perlu menunggu hingga Juli untuk menerapkan PTM atau sekolah tatap muka.

"SKB ini sudah berlaku. Tidak perlu menunggu Juli 2021 untuk melakukan PTM terbatas," ujar Nadiem dalam keterangan tertulis, Senin, 5 April 2021.

Baca Juga: 3 Klaster Sekolah Terjadi Jelang Mulainya Sekolah Tatap Muka Juli 2021

1. Nadiem tegaskan SKB Empat Menteri sudah mulai berlaku

Mendikbud Nadiem: Sekolah Tatap Muka Tak Perlu Tunggu Sampai JuliMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Nadiem mengatakan, SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 sudah berlaku. SKB ini diumumkan pada Selasa, 30 Maret 2021.

"Satuan pendidikan yang sudah ataupun dalam proses melakukan PTM terbatas, walau pendidik dan tenaga kependidikannya belum divaksinasi, tetap diperbolehkan melakukan PTM terbatas, selama mengikuti protokol kesehatan dan sesuai izin pemerintah daerah," ujar Mendikbud.

2. Ada 22 persen sekolah yang sudah menjalankan PTM

Mendikbud Nadiem: Sekolah Tatap Muka Tak Perlu Tunggu Sampai JuliIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Nadiem menyebutkan, dari data Kemendikbud terdapat 22 persen sekolah telah melakukan PTM terbatas. Tak hanya itu, sekolah-sekolah tersebut juga telah menunjukkan berbagai praktik baik kebijakan PTM terbatas.

Beberapa sekolah yang dicontohkan Nadiem adalah SD Negeri 03 Pontianak Selatan, Kalimantan Barat, dan SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan, Bengkulu.

Protokol kesehatan diupayakan berlaku ketat dan disiplin di sekolah-sekolah tersebut, demi menjaga kesehatan seluruh pelaku pendidikan dan peserta didik.

3. Mendikbud ingatkan siswa ikut tatap muka atau tidak tergantung izin orang tua

Mendikbud Nadiem: Sekolah Tatap Muka Tak Perlu Tunggu Sampai JuliIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Nadiem menegaskan keputusan anak melakukan pembelajaran tatap muka atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bergantung dari keputusan orang tua atau wali murid.

"Orang tua atau wali murid boleh memilih, berhak dan bebas memilih bagi anaknya apakah mau melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, atau tetap melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh," ujar Nadiem.

"Jadinya ujung-ujungnya peran keputusan ini ada di orang tua, tetapi sekolah yang sudah divaksinasi wajib memberikan opsi tatap muka terbatas pada saat vaksinasinya sudah rampung," ujar Mendikbud.

Baca Juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka di DKI Tak Berlangsung Sepekan Penuh

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya