3.000 Buruh Tangerang Konvoi ke Jakarta pada Aksi May Day

Ada beberapa tuntutan yang dibawa saat aksi

Tangerang, IDN Times - Sekitar 3 ribu buruh dari wilayah Tangerang berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan aksi May Day, Rabu (1/5/2024). Mereka berkumpul di sejumlah titik untuk selanjutnya berkonvoi menuju Gambir, Jakarta Pusat untuk bergabung dengan massa dari wilayah lain.

"Kami konvoi ke Jakarta menggunakan bis dan kendaraam roda empat. Nantinya akan lewat jalur tol Tangerang-Jakarta, akan berhenti dulu di tol karang tengah jemput rekan kami untuk sama-sama ke Jakarta," kata Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) KSPSI Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi.

Baca Juga: Cuaca Kota Tangerang Sepekan ke depan, Hujan Ringan dan Cerah Berawan

1. Buruh tuntut Undang-Undang Ciptaker No.6 Tahun 2023

3.000 Buruh Tangerang Konvoi ke Jakarta pada Aksi May DayIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam aksi kali ini, kata Ahmad, pihaknya bakal membawa beberapa tuntutan terkait Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) Nomor 6 Tahun 2023.

"Karena banyak persoalan dengan tidak memihak kaum buruh," ujar Ahmad.

2. Buruh juga menyoroti PHK sepihak dan pemberangusan serikat buruh

3.000 Buruh Tangerang Konvoi ke Jakarta pada Aksi May DayIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain itu, massa buruh juga bakal menyoroti adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak dan pemberangusan serikat buruh. Selain itu, pihaknya juga menuntut pemerintah untuk memberlakukan upah layak nasional secara adil dan bermartabat.

"Serta cabut PP 51 2023. Kami juga tolak sistem kerja kontrak, outsourcing, sistem kerja magang, dan sistem mitra palsu bagi driver online dan ojol. Kami minta lindungi buruh perempuan, stop pelecehan dan kekerasan ditempat kerja," tuturnya.

3. Aksi bakal dilakukan di Istana Negara dan Gelora Bung Karno

3.000 Buruh Tangerang Konvoi ke Jakarta pada Aksi May DayIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Diketahui, para buruh berkumpul di Citra Raya, Kabupaten Tangerang dan Pintu Tol Batu Ceper, Kota Tangerang untuk berkonvoi bersama ke Jakarta. 

"Sampai di Jakarta kami akan kumpul di Patung Kuda bersama massa lainnya dan kami bergerak lagi untuk aksi ke istana negara dan GBK," jelasnya.

Baca Juga: Kota Tangerang Dan Kota Yantai di China, Resmi Jadi Sister City

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya