Koesni Harningsih Istri Moeldoko Dimakamkan Secara Militer

Suasana haru hiasi prosesi pemakaman 

Tangerang, IDN Times - Suasana haru menyelimuti prosesi pemakaman istri Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Koesni Harningsih, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Tangerang Selatan, Minggu (12/3/2023). Proses pemakaman ditandai peti jenazah almarhumah diselimuti bendera merah putih masuk ke liang kubur sekitar pukul 13.50 WIB.

Moeldoko dengan penuh kesetiaan dan ketabahan, terus mendampingi peti sang istri. Begitu juga dengan kedua anaknya, Randy Bimantara dan Joanina Rachma, yang mendampingi sang ayah. Moeldoko menceritakan tentang kesetiaan almarhumah yang selalu mendampinginya selama diri ia bertugas.

"(Sejak) 24 September 1985, istri saya mendampingi saya selama bertugas. Mendedikasikan hidupnya untuk prajurit-prajurit, saya dan istrinya (prajurit). Saya ucapkan terima kasih," ungkap Moeldoko,Minggu (12/3/2023).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf hingga Menteri Melayat ke Rumah Duka Istri Moeldoko

1. Prosesi pemakaman mendiang Koesni dilakukan secara militer

Koesni Harningsih Istri Moeldoko Dimakamkan Secara MiliterIDN Times/Dok. Warga Pramita

Mulai dari prosesi penaburan tanah merah sampai tabur bunga, seluruh anak menantu dan cucu Moeldoko ikut mendampingi di samping liang kubur. Prosesi pemakaman pun dilakukan dengan cara militer. 

Bukan hanya keluarga, prosesi pemakaman juga dihadiri sejumlah pejabat negara. Seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga: Jokowi Dampingi Moeldoko ke Pemakaman Istrinya di Tangsel

2. Moeldoko berterima kasih kepada tamu yang hadir

Koesni Harningsih Istri Moeldoko Dimakamkan Secara MiliterIDN Times/Dok. Warga Pramita

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko juga berterima kasih kepada para pejabat, senior dan para sahabat, karena telah hadir dalam pemakaman sang istri. 

"Saudara-saudara saya yang sangat setia kepada almarhumah dan yang saya banggakan, atas nama keluarga saya mengucapkaan terima kasih setinggi-tingginya. Kepada Panglima TNI dan Pangdam Jaya yang telah menyelenggarakan upacara militer untuk istri saya," ujarnya.

3. Moeldoko meminta maaf atas nama sang istri

Koesni Harningsih Istri Moeldoko Dimakamkan Secara MiliterKepala Kantor Staf Presiden Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Moeldoko sempat meminta maaf jika dalam perjalanan hidup almarhumah melakukan khilaf dan kesalahan.

"Sekali lagi, saya memohon maaf," katanya.

4. Panglima TNI sebut mendiang Koesni berjasa bagi prajurit

Koesni Harningsih Istri Moeldoko Dimakamkan Secara MiliterIDN Times/Dok. Warga Pramita

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat menghadiri proses pemakaman tersebut, mengatakan bila almarhumah semasa hidupnya memiliki jasa yang sangat berarti bagi para prajurit TNI. 

"Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Dharma Pertiwi, pastinya banyak berjasa untuk memajukan organisasi khususnya dalam menunjang kesejahteraan para prajurit," katanya. 

Ia turut mengucapkan rasa berduka cita atas kepergian mendiang, mengingat jasanya saat menjadi Ketua Umum Dhama Pertiwi. 

"Indonesia beserta keluarga dan seluruh prajurit TNI mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Koesni Harningsih Moeldoko, pada hari ni yang telah dimakamkan. Tentunya beliau banyak berjasa pada TNI. Semoga beliau husnul khotimah, diterima amal ibadahnya, ditempatkan di tempat yang mulia di sisi Allah SWT," ujarnya.

Mendiang Koesni meninggal dunia pada Minggu (12/3/2023) pukul 04.49 WIB. Sebelumnya, almarhumah disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Terusan Lembang D54 Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Profil Singkat Istri Moeldoko, Koesni Harningsih yang Wafat Hari Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya