Konsep Hunian Baru di Tangerang, Satukan Apartemen dan Rumah Tapak

Dilirik Jokowi untuk konsep ibu kota baru

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Wilayah Kabupaten Tangerang memang telah banyak dijadikan tujuan para pengembang untuk membangun komplek hunian, mulai dari konsep rumah minimalis, Smart Home, dan lain sebagainya. 

Kali ini, terdapat konsep baru perumahan yang ada di Tangerang, yakni menyatukan antara konsep apartemen dan rumah tapak. Salah satunya Rainbow Springs Condovillas. 

Lalu, bagaimana konsep perumahan ini sebenarnya? 

1. Berawal dari keresahan terbatasnya lahan di perkotaan

Konsep Hunian Baru di Tangerang, Satukan Apartemen dan Rumah TapakIDN Times/Dok. Summarecon

Magdalena Juliati, Executive Director Summarecon Serpong mengatakan, ide awal mengembangkan Rainbow Springs Condovillas berawal dari keresahan pengembang atas adanya kesenjangan di pasaran, antara produk rumah tapak dan apartemen. Dimana, lahan di perkotaan sudah terbatas. 

"Kami melihat bahwa gap tersebut perlu disesuaikan dengan kultur dan kebiasaan berhuni masyarakat Indonesia yang membawa kami dalam melahirkan konsep hunian baru dengan nama Condovilla," tutur Magdalena, Sabtu (1/1/2022). 

Konsep condovilla ini nyatanya membawa pengembang tersebut menjadi pelopor dalam terciptanya tren hunian sejenis di Indonesia. 

"Juga menjadi shifting gaya hidup pasca pandemi," ujar Magdalena. 

2. Ikut merevitalisasi bekas galian pasir

Konsep Hunian Baru di Tangerang, Satukan Apartemen dan Rumah TapakIDN Times/Dok. Summarecon

Adrianto P Adhi, President Director Summarecon menuturkan, pemukiman lebih dari 8 hektar ini, berdampingan langsung dengan danau bekas galian pasir yang direvitalisasi. 

"Kami memilih untuk tidak menguruk bekas galian pasir, melainkan menjadikannya danau buatan," jelasnya. 

Selain memberikan benefit keindahan, diharapkan melalui danau ini mampu turut serta dalam konservasi ekosistem yang sudah terbentuk dan sekaligus memperbaiki pinggiran danau dengan vegetasi yang lebih baik. 

"Danau ini juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk menurunkan suhu permukaan kawasan hunian ini. Danau ini juga memiliki fungsi sebagai retention pond, menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan," ujarnya. 

3. Konsep baru ini juga dilirik Presiden Joko Widodo untuk konsep ibu kota baru

Konsep Hunian Baru di Tangerang, Satukan Apartemen dan Rumah TapakIDN Times/Dok. Summarecon

Konsep baru tersebut juga menarik minat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengunjungi pemukiman yang sarat dengan sosio - kultur dan lingkungan tersebut. 

Menurut Andrianto, kunjungan Presiden Jokowi pada beberapa waktu lalu, dilakukan dalam rangka meninjau, serta studi banding bagi rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

"Untuk kawasan Summarecon, Rainbow Springs Condovillas yang mewakili, dinilai memiliki keunggulan dalam membangun sebuah jenis produk properti baru yang mampu mendukung sustainability ekosistem dan berwawasan lingkungan," katanya. 

Perumahan tersebut pun mendapatkan penghargaan dalam ajang FIABCI Indonesia - REI EXCELLENCE AWARDS 2021 yang digelar oleh FIABCI (Fédération Internationale des Administrateurs de Biens Conseils et Agent Immobiliers) Indonesia dan Real Estate Indonesia (REI). Untuk properti di kawasan Tangerang, pengembang Summarecon Agung mendapatkan tiga penghargaan tersebut. 

"Kami bersyukur, ini membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia,"ungkapnya. 

Para pemenang nantinya berhak mengikuti award tingkat internasional dan berkontribusi dalam mengharumkan nama Indonesia di ajang FIABCI Prix d’Excellence Award yang diselenggarakan oleh Federasi Real Estate International (FIABCI). 

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya