Listrik Terminal Soetta Padam 15 Detik, Lagi Tes Genset

Pengelola lagi persiapkan angkutan lebaran 

Tangerang, IDN Times - Dalam rangka peningkatan pelayanan dan kehandalan sistem pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2024, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan serangkaian pengujian kehandalan jaringan kelistrikan dan sistem cadangan di Terminal 1, 2, 3 dan beberapa gedung kerja KCU Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 27 & 28 Maret 2024.

Senior Manager of Branch Communication & Legal, M Holik Muardi mengatakan, pengujian ini bertujuan untuk memastikan kehandalan suplai catu daya listrik dan ketangguhan sistem kelistrikan dalam menghadapi peningkatan pergerakan selama masa angkutan lebaran. 

"Dengan menguji sistem kelistrikan secara menyeluruh, dapat diidentifikasikan potensi masalah serta memastikan bahwa operasi dan response time back up catu daya cadangan siap mengatasinya dengan cepat dan efisien," kata Holik, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik Lebaran

1. Listrik di terminal dipadamkan 15 detik untuk mengetes kemampuan genset

Listrik Terminal Soetta Padam 15 Detik, Lagi Tes GensetDok. Bandara Soetta

Pengujian ini mencakup pemadaman listrik selama kurang lebih 15 detik dan Tes On Load Genset kurang lebih 30 menit pada 2 sesi pengujian. Langkah ini diambil untuk menguji kesiapan dan keandalan sistem cadangan dalam mengatasi situasi darurat serta untuk memastikan bahwa operasi Bandara dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Pengujian listrik ini dilakukan dalam dua hari. Pada Rabu, 27 Maret 2024, uji listrik dilakukan Pukul 23.15 - 24.00 WIB (Power Station 2 dengan Genset Main Power Station 2). 

Uji kedua, yakni hari ini, dilakukan pada pukul 01.15 - 02.00 WIB (Power Station 3 dengan Genset Main Power Station 3).

"Sebelum dilakukannya proses pemadaman listrik selama tersebut, untuk menghindari kekhawatiran pada penumpang yang berada di Terminal, terdapat pemberitahuan melalui announcement pada Terminal 1, 2 & 3 yang diumumkan sebanyak 3 kali," jelas Holik.

2. Uji kelistrikan ini untuk meningkatkan pelayanan kebandarudaraan

Listrik Terminal Soetta Padam 15 Detik, Lagi Tes GensetDok. Bandara Soetta

Holik Muardi juga menambahkan, selama periode Angkutan Lebaran manajemen KCU Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus meningkatkan standar layanan dan keselamatan bagi semua pengguna jasa di bandara, khususnya saat tingkat lalu lintas tinggi.

"Langkah-langkah yang telah diambil termasuk peningkatan infrastruktur kelistrikan, peningkatan pemeliharaan rutin, dan implementasi teknologi terbaru untuk mendukung operasi bandara yang lancar dan efisien," tutur Holik.

3. Uji kelistrikan dinilai berhasil

Listrik Terminal Soetta Padam 15 Detik, Lagi Tes GensetDok. Bandara Soetta

Adapun setelah proses Tes On Load Genset atau penggunaan genset yang di suplai melalui cadangan MPS 2 & 3 selama 30 menit dikembalikan ke suplai utama setelah proses pengujian berhasil.

"Kami percaya bahwa dengan upaya pengujian ini, kami dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua penumpang yang terbang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim Angkutan Lebaran," pungkasnya.

Baca Juga: Cari Kue Kering? Coba ke Bazar Ramadan Berkah di T2F Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya