Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara Soetta

Menhub Budi: 193 juta orang akan mudik tahun ini

Tangerang, IDN Times - Jelang arus mudik lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau kesiapan dan ramp check sejumlah pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Jumat (29/3/2024). 

Bersama rombongan, Menhub Budi lakukan pengecekan mulai dari Terminal 1, 2 dan 3. Lengkap mengecek landasan dan kondisi pesawat, terutama pada maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia.

"Hari ini secara khusus saya melakukan kordinasi, ramp check pesawat, seperti Garuda Indonesia dan Lion," ujar Menhub Budi.

Baca Juga: Pasar Murah di Bandara Soetta, Warga Bisa Beli Paket Sembako Rp50 Ribu

1. Menhub Budi: 193 juta orang akan mudik tahun ini

Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub Budi menjelaskan, dari data yang diberikan sejumlah stakeholder ke Kemenhub, seperti Angkasa Pura II dan otoritas penerbangan, didapati menarik bahwa mudik lebaran tahun ini meningkat 12 persen untuk penumpang dan 5 persen untuk pergerakan pesawat dibandingkan tahun sebelumnya

"Ada peningkatan yang besar. Ada 193 juta yang akan mudik. Oleh karenanya harus dipersiapkan secara baik," kata dia.

2. Lonjakan penumpang pesawat diprediksi H-4 lebaran

Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub juga mengungkap, H-4 dan H-3 menjadi hari di mana pemesanan tiket pesawat tertinggi. Untuk itu, dia mengimbau ada langkah-langkah yang dilakukan operator atau maskapai untuk mengurai lonjakan ini, sejak dini.

"Tadi sudah dibahas dengan teman-teman operator, untuk melakukan penerbangan dari H-10 sampai ke H-5, bisa dapat diskon atau sebagainya karena pada saat H-4 itu bisa sangat ramai sekali," tuturnya.

3. Ada 2.000 permintaan extra flight dari maskapai

Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianto

Sementara itu, lanjut Menhub Budi, terdapat 2.000 permintaan extra flight dari maskapai. Di mana, penambahan jam terbang akan diberikan dengan rotasi. 

"Katakan dari Angkasa Pura II dan Airnav mempekerjakan, menyediakan daripada Bandara lebih dari jumlah sebenarnya, bisa sampai jam 8 atau jam 12 dan juga bandara-bandara yang dikelola oleh penerbangan Kemenhub silahkan melakukan demikian," tuturnya.

Baca Juga: Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik Lebaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya